Bayern Munchen vs Chelsea
Pertemuan Terakhir Bayern Munchen vs Chelsea di Final Liga Champions 2012

Duel Bayern Munchen vs Chelsea di Piala Super Eropa yang akan digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2013 pukul 01.45 WIB bukan hanya sekadar pertemuan antara juara Liga Champions vs Europa League semata. Bukan pula duel strategi Jose Mourinho dan Pep Guardiola yang sama-sama menjadi pelatih anyar kedua tim.

Para punggawa Bayern belum melupakan kejadian di Allianz Arena di ujung musim 2011-2012. Ketika itu, Chelsea era Roberto Di Matteo yang berstatus underdog mampu mencuri gelar Liga Champions setelah memenangi drama adu penalti dari tuan rumah. Rasa penasaran terhadap The Blues itulah yang akan tertumpah di Eden Arena, Praha.

Pep Guardiola berpeluang memenangi trofi pertamanya bersama Bayern Munich. Setelah sebelumnya, klub Bavaria disikat 4-2 oleh Dortmund di DFL-Super Cup 2013. Mengenai kemungkinan perseteruan dengan Mou, Guardiola memilih berbicara santai.

“Saya memiliki respek besar terhadap karier Mourinho. Dia adalah master dalam urusan menciptakan lini pertahanan yang hebat dan serangan balik cepat. Namun, alasan orang menonton laga ini adalah menyaksikan dua tim hebat, bukan karena pelatihnya,” sebut Pep seperti dikutip laman UEFA.com.

Bayern Munchen
Bayern Munchen di Duel Terakhir (vs Freiburg 1-1)

Jose Mourinho memilih menggunakan ajang ini sebagai tes kelayakan Chelsea meraih trofi yang lebih prestisius. Katanya, “Bagus untuk kami bisa bersua Bayern Munchen. Saya tidak ingin tim kami stagnan cuma mengira bisa memenangi trofi Europa League. Kami bisa berkompetisi dengan Bayern. Di mana pun Anda bermain, senantiasa ada kemungkinan untuk menang. Dan, saya pikir kami mampu melakukan hal tersebut.”

Kedua tim sama-sama meraih hasil seri menjelang duel ini. The Blues menahan tuan rumah Manchester United 0-0 di Premier League, sedangkan Munich cuma imbang dengan Freiburg 1-1 di Bundesliga. Dua jawara ini pun, belum menampilkan permainan yang terlalu bagus di kompetisi masing-masing. Bayern terlalu asyik mengumpan, sedangkan Chelsea selama ini ‘pelit’ dan lebih suka meraih poin daripada menyuguhkan laga yang enak ditonton.

Chelsea 2

Baik Chelsea maupun Bayern juga sama-sama bisa memainkan skuad terbaik. Juara Liga Champions memang terlihat lebih komplet dengan materi pemain kelas wahid. Namun, tak ada yang bisa meremehkan Jose Mourinho dalam duel meraih trofi semacam ini.

Perkiraan Susunan Pemain

  • Bayern Munchen (4-1-4-1): Neuer; Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Schweinsteiger; Muller, Kroos, Robben, Ribery; Mandzukic
  • Chelsea (4-2-3-1): Cech; Ivanovic, Luiz, Terry, Cole; Lampard, Ramires; Mata, Oscar, Hazard; Torres

Head to Head

  • 19 Mei 2012    Bayern Munchen vs Chelsea 1-1

Prediksi Sidomi: 55-45