Scroll to Top

Tongsis: Tongkat Narsis, Fenomena Baru Fotografi Mobile

By Ibnu Azis / Published on Friday, 30 Aug 2013

Tongsis 1

Di dunia fotografi mobile kini ada fenomena baru yang disebut Tongsis atau Tongkat Narsis. Berwujud berupa monopod khusus device, konon Tongsis dipopulerkan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Di Instagram, ia sempat memosting dirinya berfoto bersama menggunakan Tongsis. Dalam foto yang diunggah nampak Any Yudhoyono memegang monopod device itu. Namun entah apakah perangkat tersebut miliknya.

Monopod device ini sejatinya bukan barang baru. Aksesoris tersebut kerap digunakan di kamera GoPro modifikasi. Namun, belakangan ini Tongsis marak diperbincangkan dan barangnya laku keras di pasaran.

Hal ini diakui oleh salah satu penjual Tongsis, Stevanus. Berujar pada Detik, ia mampu menjual 150 unit dalam beberapa bulan. Bahkan, kini banyak pembeli yang terpaksa menunggu (waiting list) sebab aksesoris tersebut belum datang.

Tongsis 2

Menanggapi fenomena Tongsis, Stevanus mengaku jika efek Ibu Negara cukup besar. Permintaan Tongsis, kata dia, meningkat tajam sejak Any Yudhoyono upload foto monopod tersebut.

Stok Tongsis Stevanus kini hanya sekitar 200 unit saja. Ia menyakini jika dalam beberapa minggu pasti bakal ludes. Lantas apa sejatinya Tongsis itu sendiri?

Secara sederhana Tongsis semacam tongkat yang bisa dipanjangkan hingga 1 meter. Di ujung tongkat tersebut terdapat tempat untuk menaruh perangkat ponsel atau kamera.

Tongsis diperuntukkan untuk memotret foto dalam posisi lebih luas atau mengambil gambar diri sendiri. Lantas berapakah harganya? Stevanus sendiri menjualnya Rp 250 ribu per unitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda