Scroll to Top

Tips Mengendalikan Penyakit Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Aug 2013

diabetes

Orang yang hidup dengan diabetes harus memiliki kewaspadaan yang tinggi. Sebab, menjaga diri dari diabetes mungkin agak sedikit rumit dibanding saat tubuh pada kondisi sehat. Mengontrol gula darah bukan perkara sepele. Mengonsumsi makanan tidak boleh sembarangan dan kadar gula darah harus selalu dicek. Diabetes bahkan bisa merembet pada komplikasi penyakit lainnya.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa saran di kala Anda memiliki penyakit diabetes:

  1. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat reguler yang telah diresepkan buat Anda. Selanjutnya, lakukan kunjungan secara teratur ke dokter untuk memastikan diabetes selalu dalam pengawasan ahlinya.
  2. Jaga selalu kadar gula darah Anda berada di bawah ambang batas. Ini memang membutuhkan kerja keras untuk melakukan pengontrolan terhadap jenis makanan beserta kalori yang dimilikinya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, tinggi kandungan serat, namun tetap memperoleh kecukupan protein, vitamin, dan mineral. Hindari makanan berlemak dan lebih baik makan dalam porsi kecil rendah kalori namun sering.
  3. Pastikan diri Anda selalu aktif secara fisik. Lakukan olahraga setiap hari dan sebisa mungkin kehidupan Anda dipenuhi oleh pekerjaan yang melibatkan gerakan fisik. Olahraga bisa Anda lakukan setiap hari selama 45 menit sampai satu jam per sesinya.
  4. Lakukan gaya hidup sehat. Hindari minuman soda, alkohol, merokok, makan daging merah,  dan sebagainya. Kebiasaan buruk hanya akan membuat diabetes Anda semakin parah dan tidak terkontrol.
  5. Lakukan pengontrolan gula darah sendiri memakai alat pengecek gula darah yang dijual bebas. Dengan begitu Anda bisa melakukan pengontrolan penyakit secara mandiri untuk mencegah keparahan penyakit. Kesadaran Anda menjaga diri justru lebih memiliki andil dalam menyelamatkan hidup Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda