Scroll to Top

Jose Mourinho: Sepakbola Itu 11 Lawan 11, Bukan 11 Lawan 10!

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Aug 2013

Jose Mourinho: Sepakbola Itu 11 Lawan11, Bukan 11 Lawan 10!

Jose Mourinho menyebut Chelsea sebenarnya lebih baik daripada Bayern Munchen, tapi kalah. Ia juga memaparkan bahwa ketika tampil di kompetisi UEFA (Liga Champions), timnya sering diberi kartu merah. Meskipun demikian, The Special One mengaku, dia dan Pep Guardiola tidak bermusuhan.

“Saya tidak puas dengan kekalahan ini. Menurut saya, tim yang lebih baik, kalah. Demikianlah sepakbola. Kadang tim yang lebih baik justru tumbang. Hal itu wajar, karena sepakbola memang seperti itu. Ketika Javi Martinez mencetak gol kedua (penyama kedudukan), saya pikir hal tersebut tak layak,” sebut Mourinho.

Kartu merah yang diterima Ramires di akhir babak kedua disebut The Happy One sebagai salah satu titik penting dalam pertandingan ini. Katanya, “Sepakbola itu 11 lawan 11. 11 lawan 10, tentu akan memudahkan bagi tim yang terdiri dari 11 pemain, dan lebih sulit untuk yang berlaga dengan 10 orang. Tapi, saya memiliki pengalaman fantastis dengan 10 orang ketika tampil di kompetisi UEFA.”

Orang bisa menduga, apakah Jose Mourinho menyentil UEFA, Barcelona, atau Pep Guardiola, ketika sang eks arsitek Real Madrid berkata, “Ini bukan hal baru. Saya pernah berada di Chelsea (pada periode pertama) dan berlaga dua-tiga kali melawan Barcelona dengan 10 orang.”

“Saya datang ke Inter, dan mendapati keadaan serupa, berlaga dengan 10 orang selama satu jam melawan Barcelona di semifinal Liga Champions (2009-10). Saya melatih Madrid melawan Barcelona, dan lagi-lagi tim tampil 10 orang (di semifinal Liga Champions 2010-11. Dan saya datang ke Chelsea, lagi-lagi bermain dengan jumlah yang sama di Piala Super Eropa. Cobalah analisis sendiri dan simpulkan. Saya ini tidak beruntung, cuma saya yang demikian.”

Meskipun akhirnya tim yang diasuh Mou tumbang oleh Pep Guardiola, The Special One tetap menaruh respek kepada sang pelatih anyar Bayern. Ia berkata, “Pep Guardiola dan saya bukanlah musuh. Entah dari mana datangnya kesimpulan semacam itu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda