Scroll to Top

Tips Sehat untuk Orang yang Bekerja Malam Hari

By C Novita / Published on Saturday, 31 Aug 2013

pekerja malam

Ada banyak sekali profesi pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bekerja di malam hari. Hal ini tentu bila dilakukan terus-menerus akan berbahaya bagi kesehatan, sebab berlawanan dengan jam biologis manusia.

Para ahli mengatakan bahwa karyawan yang bekerja selama 3 malam atau lebih, bisa mengidap penyakit diabetes tipe 2. Ini karena gaya hidup mereka tak sehat, semisal mengonsumsi makanan tinggi kalori saat sedang bekerja.

Untuk itu, ada beberapa tips sehat untuk pekerja malam yang bisa diikuti agar terhindar dari penyakit seperti dilansir oleh Boldsky:

  • Jaga makanan. Usahakan makanan yang Anda konsumsi hanya makanan sehat saja semisal bayam, brokoli, buah dan lainnya yang bernutrisi tinggi.
  • Batasi kafein. Jangan berlebih mengonsumsi kopi, walau itu dapat membuat Anda melek sepanjang malam. Minum satu cangkir sudah cukup, sebab bila lebih akan menyebabkan Anda dehidrasi.
  • Air putih. Nah, air putih adalah minuman yang disarankan bila Anda bekerja malam. Ia akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tetap sehat.
  • Hindari gorengan. Gorengan atau makanan berminyak bisa memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda lekas lelah. Makanan berminyak juga tak baik untuk kesehatan jantung.
  • Berjalan. Usahakan sesekali waktu Anda berjalan berkeliling, dan tak duduk dalam waktu lama. Ini bisa membantu Anda menghilangkan kantuk dan lelah, juga menyegarkan kembali pikiran.
  • Ngemil sehat. Jika Anda bekerja malam, maka ngemil adalah hal yang dapat membantu membuat Anda terjaga. Camilan sehat seperti kacang almond sangat dianjurkan.
  • Jangan minum energy drink. Minuman jenis tersebut tak sehat dikonsumsi sebab memiliki kandungan gula dan kafein yang tinggi.
  • Tidur. Jika memungkinkan, tidurlah sejenak agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda