Scroll to Top

FB Tak Support Gambar GIF, Ini Alasannya

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 31 Aug 2013

Facebook Laptop

Beberapa hari yang lalu, situs Giphy tawarkan fitur untuk berbagi gambar GIF ke Facebook. Menklaim mampu hadirkan fortmat gambar Graphics Interchange Format, nyatanya hingga hari ini FB masih urung mendukungnya. Mengapa bisa demikian?

Giphy adalah sejenis situs mesin pencari yang tawarkan pelbagai gambar dalam format GIF. Situs ini kemudian tawarkan kemampuan untuk berbagi gambar GIF ke FB. Facebook memang sejak dulu tak mendukung format gambar tersebut. Kabar dari Giphy tentu saja adalah sebuah angin segar.

Facebook sendiri mengetahu jika Giphy mampu hadirkan format GIF ke situs mereka. Meski demikian, gambar GIF yang di-share ke FB tetap tak bisa bergerak secara otomatis (non klik).

Gambar tersebut memang berformat GIF, namun tatkala dibagikan akan seperti emebed sebuah video. Seperti konten video pada umumnya, untuk memainkannya harus menklik tombol play.

Sehingga, gambar format GIF via Giphy tidak akan bergerak secara otomatis seperti yang biasa ditemui di situs-situs lain. Di Tumblr atau Twitter (foto profil) misalnya. Pengguna tetap bisa nikmati gambar itu setelah menkliknya.

Facebook seakan tak izinkan konten yang berkeliaran di situsnya diputar secara otomatis. Kalau pun itu ada, mungkin hanya iklan video 15 detik yang bakal nongol di News Feed.

Iklan ini tak perlu action klik tombol play untuk dimainkan. Tatkala pengguna membuka Beranda dan mendapati iklan tersebut, maka video 15 detik itu secara otomatis diputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda