Scroll to Top

Windows 10, Sistem Operasi Berbasis Cloud Pertama Microsoft?

By Ditya / Published on Saturday, 31 Aug 2013
Windows 10
Windows 10

Sistem operasi Windows 8.1 saat ini belum dirilis resmi untuk konsumen, kini malah muncul kabar bahwa Windows 10 akan menjadi sistem operasi berbasis cloud pertama besutan Microsoft. Hal kabar ini masih belum jelas kebenarannya, mengingat saat ini masih belum ada infromasi mengenai roadmap sistem operasi Windows dari Microsoft.

Jika memang benar Windows 10 akan menggunakan basis cloud computing, maka cara kerjanya akan mirip dengan Google Chrome OS, di mana pengguna menggunakan koneksi internet untuk mengakses sistem operasi dan komputasi akan dilakukan oleh server cloud, sehingga tidak diperlikan spesifikasi komputer atau notebook yang tinggi untuk menjalankannya.

Kabar mengenai Windows 10 ini berasal dari sebuah blog milik Wzor yang dikenal sebagai blogger yang selalu menampilkan informasi yang akurat mengenai produk terbaru Microsoft. Blogger tersebut mengatakan bahwa sebelum kemunculan Windows 10 akan hadir terlebih dahulu Windows 9.

Menurut Wzor, Microsoft juga akan menggabungkan sistem operasi Windows RT yang dinilai gagal dengan sistem operasi Windows Phone yang nantinya akan menghasilkan sebuah sistem operasi hibrida yang dapat digunakan pada tablet maupun smartphone dengan kemampuan dan fitur yang meningkat.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Wzor, saat ini sistem operasi Windows 10 masih berupa rancangan dan konsep yang tersedia pada 1 September 2013 untuk diuji oleh kalangan internal perusahaan tersebut. Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini diproyeksikan akan merilis Windows 9 pada akhir tahun 2014 dan merilis Windows 10 paling cepat tahun 2016.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (30/08/2013), sampai saat ini belum ada komentar atau tanggapan resmi dari Microsoft terkait sistem operasi Windows 10 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda