Scroll to Top

Samsung Mulai Produksi Massal Memori DDR4

By Ditya / Published on Saturday, 31 Aug 2013

Memori RAM

Samsung Electronics, salah satu pembuat chip memori RAM (Random Access Memory) mengatakan bahwa pihaknya telah mulai memproduksi massal memori RAM generasi terbaru, yakni DDR4 (Double Data Rate 4). Seperti yang kita ketahui, memori DDR4 ini adalah generasi penerus memori DDR3 yang digunakan saat ini.

Seperti yang kita ketahui, memori RAM adalah salah satu komponen penting yang bertugas untuk menyimpan data sementara yang akan diproses oleh prosesor. Saat ini sebagian besak komputer dan notebook menggunakan memori RAM jenis DDR3.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini mengatakan bahwa pihaknya mulai memproduksi memori jenis DDR4 menggunakan teknologi proses 20nm yang membidik pasar server. Server pertama yang menggunakan memori DDR4 diperkirakan mulai hadir pada tahun 2014.

Memori jenis DDR4 ini diklaim memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari DDR3 dan mengonsumsi daya yang lebih rendah. Kecepatan transmisi memori DDR4 mencapai 2667MHz atau 25% lebih cepat dari DDR3 dengan konsumsi daya hingga 30% lebih rendah. Konsumsi daya yang rendah ini akan menguntungkan perangkat mobile seperti notebook dan ultrabook.

Tak hanya itu, chip DDR4 besutan Samsung yang diproduksi menggunakan teknologi proses 20nm ini juga diklaim sebagai salah satu chip DDR4 terkecil dengan performa tercepat di dunia.

“Penerapan ultra-high speed DDR4 dalam sistem server generasi berikutnya tahun ini akan memulai dorongan menuju memori premium di seluruh perusahaan. Setelah memberikan kinerja mutakhir dengan pasokan tepat waktu kami 16GB DDR3 awal tahun ini.”

“Kami terus memperluas pasar server premium pada tahun 2013 dan sekarang akan fokus pada kepadatan lebih tinggi dan menambahkan kinerja dengan 32GB DDR4, dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan yang lebih besar dari pasar TI pada tahun 2014,” kata Young-Hyun Jun, executive VP memory sales dan marketing di Samsung Electronics.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (30/08/2013), memori DDR4 kemungkinan akan masuk pasar pengguna atau konsumer pada akhir tahun 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda