Scroll to Top

Migrain Jangka Panjang Bisa Mengubah Struktur Otak

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 31 Aug 2013

Migrain

Sakit kepala sebelah, atau disebut migrain, jangan diremehkan apabila berlangsung teru menerus. Studi yang dilakukan Universitas Copenhagen di Denmark menemukan, migrain yang terjadi dalam jangka panjang bisa membuat perubahan permanen pada struktur otak dalam berbagai cara. Demikian dikutip dari Times of India.

Messoud Ashina, MD, Ph.D, penulis studi ini mengungkapkan, mungkin di awal terkena migrain akan dianggap sebagai gangguan kepala biasa. Hanya saja bila dirasakan terjadinya migrain terus menetap, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan. Migrain jangka panjang bisa meningkatkan risiko lesi otak, kelainan materi putih, dan perubahan volume otak.

Studi dilakukan dengan melakukan meta-analisa terhadap enam studi berbasis populasi dan 13 studi berbasis klinik untuk melihat pengaruh migrain terhadap peningkatan lesi otak, kelainan, hingga perubahan volume memakai pemindai MRI. Hasilnya dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki migrain. Migrain dengan aura dan migrain tanpa aura sama-sama dilihat risikonya.

Hasilnya, orang yang mengalami migrain dengan aura dalam jangka panjang akan meningkat risiko mengalami lesi materi otak putih sebesar 68 persen. Sementara migrain tanpa aura meningkatkan risiko sebesar 34 persen dibanding orang-orang yang tidak memiliki migrain.

Risiko infark seperti terjadinya kelainan meningkat 44 persen untuk penderita migrain dengan aura dibanding yang tanpa aura. Sementara perubahan volume otak lebih mungkin dialami penderita kedua jenis migrain tersebut, dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki migrain sebelumnya.

Studi ini dipublikasikan pada Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda