Scroll to Top

Kurang Tidur Membuat Wajah Tampak Buruk

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 31 Aug 2013

kurang tidur

Wajah bisa mencerminkan sejauhmana Anda memenuhi kebutuhan tubuh untuk tidur. Orang-orang yang mengalami masalah waktu tidur biasanya memiliki gambaran wajah yang cukup buruk. Mereka terlihat lelah, mata memerah, bengkak di area mata, munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, dan lebih mudah ditemukan kulit keriput sekitar wajah.

Studi kecil yang dimuat dalam jurnal Sleep menyatakan, wajah dengan penampilan buruk ini hampir pasti ditemukan orang-orang yang kurang tidur. Mereka memiliki perbedaan menyolok bila dibandingkan dengan muka orang yang tercukupi tidurnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kembali wajah berseri, orang-orang yang kurang tidur sebaiknya segera memenuhi hak tubuhnya untuk beristirahat.

“Wajah mengandung banyak informasi yang manusia mendasarkan itu untuk berinteraksi satu sama lain. Lelah yang muncul pada seseorang dapat mempengaruhi bagaimana orang lain bersikap terhadap mereka,” kata peneliti studi, Tina Sundelin, M.Sc., yang mahasiswa doktor di departemen psikologi Universitas Stockholm, Swedia, seperti dikutip huffington Post.

Dalam studi ini dilibatkan 10 orang yang wajah mereka diambil posenya pada jam tertentu melalui sebuah foto. Mereka dipotret pada pukul 2.30 siang setelah 8 jam tidur dan 31 jam tanpa tidur. Kemudian ada 40 responden untuk melihat 20 foto yang dikumpulkan dan mereka diminta untuk menilai berdasarkan kelelahan, kesedihan, dan isyarat wajah.

Hasilnya, responden mampu melihat orang-orang yang kurang tidur dari tanda pada wajah. Mereka ditemukan memiliki lingkaran di bawah mata, kulit pucat, dan ada sudut kemurungan pada bibir. Orang-orang yang kurang tidur juga terlihat tampak sedih dan lelah.

Dengan demikian, wajah berseri tidak hanya didapatkan dari perawatan kulit semata. Kemauan Anda untuk mengistirahatkan tubuh sesuai jam biologisnya akan membantu  meningkatkan penampilan terutama di bagian wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda