Scroll to Top

Jalur Penerbangan Ini Hanya Berjarak 2,7 Kilometer

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 01 Sep 2013

loganair

Jalur penerbangan yang ada di utara Skotlandia ini unik. Pasalnya, jalur yang ditempuh sangat dekat hanya mencapai 2,7 kilometer saja. Jenis penerbangannya memang penerbangan perintis. Pesawat yang dipakai pun adalah pesawat kecil. Dan, untuk menempuh kedua jalur hanya memerlukan waktu 47 menit dalam kondisi angin yang ideal. Kalau kondisi angin kurang sesuai harapan, maka butuh waktu tempuh dua menit.

Ide membuka jalur penerbangan sangat pendek ini dilakukan oleh Loganair. Maskapai ini membuat masyarakat yang terpisah di dua tempat Kepulauan Orkney bisa dengan mudah terhubung. Lokasi bandara mini terdapat di pulau Westray dan pulau Papa Westray.  Kedua tempat memang terpisah oleh air laut.

Harga untuk sekali terbang adalah 30 dollar bagi setiap penumpang. Dikutip Amusing Planet, sekitar 30 persen penumpang yang rutin memanfaatkan penerbangan ini adalah bagian layanan pendidikan Dewan Kepulauan Orkney hingga petugas kesehatan dan pasien di Dinas Kesehatan Nasional Skotlandia. Di pulau Papa Westray dihuni kurang lebih 70 orang. Kabar baiknya, di sana juga menjadi tempat tinggal bagi 60 situs arkeologi.

Rute ini juga menjadi andalan bagi wisatawan untuk mengunjungi situs arkeologi. Jalur ini sudah populer sejak 2011 lalu. Dan, pesawat akan terbang beberapa hari setiap minggunya terutama di musim panas. Loganair sendiri adalah penyedia jasa penerbangan yang sudah beroperasi sejak 1960-an. Penjelasan sederhana jalur penerbangan tersebut, bisa diamati dari foto dan klip video yang disajikan pada tulisan ini.

loganair

loganair

loganair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda