Scroll to Top

Blueberry, Anggur, dan Apel Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 01 Sep 2013

anggur

Beberapa jenis buah dipercaya memberikan efek positif terhadap pengurangan risiko diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dimuat British Medical Journal menyatakan, buah-buahan tersebut di antaranya meliputi blueberry, anggur, dan apel yang akan memberikanefek baik ketika dikonsumsi lebih banyak dan rutin. Demikian dikutip BBC.

Studi ini melibatkan  pola makan lebih dari 187 ribu orang yang tinggal di Amerika Serikat. Data diambil dari tiga penelitian besar yang mencoba mengungkap peran konsumsi buah terhadap risiko diabetes tipe 2. Studi melibatkan kuesioner yang selalu diupdate setiap empat tahun sekali yang di dalamnya berisi pertanyaan seringnya responden memakan buah dan porsi yang dimakannya.

Untuk jenis buah, buah-buahan yang dijadikan fokus penelitian adalah anggur atau kismis, buah persik, plum atau aprikot, pisang, melon, apel atau pir, jeruk, stroberi, dan blueberry. Dari beberapa buah ini yang dikaitkan dengan diabetes tipe 2, peneliti menemukan bahwa risiko akan menurun secara signifikan saat seseorang memakan blueberry, anggur, kismis, apel, dan pir dalam tiga porsi secara rutin.

Lebih spesifik lagi dikatakan, risiko diabetes akan turun hingga 26 persen ketika mengonsumsi blueberry dalam keadaan utuh. Namun jika blueberry dijadikan bentuk jus, efeknya tidak sama dalam menurunkan risiko. Disarankan juga oleh peneliti untuk mengonsumsi buah-buahan lain selalu dalam kondisi segar dan utuh. Memakan buah segar jauh lebih memberikan manfaat dibanding bentuk jus.

Hasil lain yaitu, memakan anggur dan kismis mampu mengurangi risiko diabetes sampai 19 persen. Sementara untuk buah apel dan pir, memakannya secara rutin akan mengurangi risiko hingga  13 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda