Scroll to Top

Membandingkan Diri dengan Orang Lain Membuat Anda Rendah Diri

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 01 Sep 2013

iri

Seringkali seseorang merasa rendah diri karena dirinya merasa tidak sesempurna orang lain. Banyak faktor penyebabnya. Contohnya perbedaan status sosial, kesejahteraan, fisik, keberuntungan, dan sebagainya. Rendah diri muncul ketika seseorang mencari pembanding terhadap kehidupan yang dialaminya.

Salah satu tempat yang bisa membuat rendah diri adalah jejaring sosial. Mengakses situs pertemanan ini bisa membuat Anda minder. Teman-teman Anda yang mengungkapkan rasa bahagia lewat berbagai status yang ada, bisa membuat iri hati. Belum lagi jika ada foto-foto pendukung yang diunggah dalam akun mereka. Bahkan, Anda pun bisa tenggelam dalam kecemburuan saat status bahagia dirasakan oleh teman online yang sebelumnya kurang Anda sukai.

Efek dari membandingkan diri dengan orang lain  ini terbilang serius. Anda bisa merasakan stres dan gelisah. Dalam tahap yang lebih parah, seseorang sangat dimungkinkan mengalami depresi. Aktivitas mengamati orang lain lalu membandingkan dengan kehidupan pribadi makin terasa setelah hadirnya jejaring sosial. Ini dilandasi oleh naluri alami seseorang yang selalu ingin tahu urusan orang lain. Justru akibatnya malah kurang baik. Mereka menjadi terjebak untuk mengaitkan keadaan teman-teman mereka dengan kehidupan pribadi. Aktivitas membandingkan inilah yang akhirnya mempengaruhi emosional seseorang.

Sebaiknya batasi rasa penasaran Anda terhadap kehidupan orang lain. Jika Anda terjebak untuk selalu membandingkan keadaan dengan mereka, artinya Anda kurang bisa mensyukuri terhadap semua hal yan telah Anda miliki saat ini. Percayalah sebenarnya Anda pun memiliki kehidupan yang sama baiknya dengan mereka. Mereka juga memiliki problematika hidup sendiri yang mungkin tidak Anda tahu di balik status-status akun mereka yang menunjukkan kebahagiaan.

Membanding-bandingkan boleh dilakukan tetapi hanya terbatas pada diri Anda. Bandingkan diri Anda dengan keadaan di masa lalu untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Cara ini justru bagus untuk memberikan dorongan semangat untuk terus berbuat lebih baik baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda