Scroll to Top

Hasil Pilkada Tangerang Dimenangi Arief Wismansyah

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Sep 2013

Hasil Pilkada Tangerang Dimenangi Arief Wismansyah

Arief R Wismansyah dengan pasangannya Sachrudin, memenangi hasil pilkada Tangerang berdasarkan Quick Count yang diadakan oleh Lingkaran Survey Indonesia (LSI). Simpati masyarakat terhadap keberadaan Arief yang ‘tertindas’, ditengarai menjadi salah satu faktor penyebab keberhasilannya melampaui Abdul Syukur, adik walikota Tangerang saat ini, Wahidin Halim.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dirilis oleh LSI 2 hari lalu, pasangan Arief-Sachrudin menjadi yang terdepan dengan 47,84% suara. Mereka disusul oleh Abdul Syukur-Hilmi Fuad yang memperoleh 27,02%. Artis Dedy ‘Miing’ Gumelar ada di peringkat berikutnya dengan 17,51% bersama duetnya dengan Suratno Abu Bakar. Berikutnya ada Harry Mulya Zein-Iskandar (5,71%) dan Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto (1,92%).

Ada fakta unik tentang hasil pilkada ini. Ternyata, meskipun sama-sama diusung PDI Perjuangan, nasib Miing berbeda dengan Jokowi. Masyarakat cenderung memilih sosok fifur, bukan berdasarkan kepartaian. Menurut Sunarto Ciptoharjono, Direktur LSI kepada Kompas, “Di mana-mana kepopuleran Jokowi diyakini dapat meningkatkan perolehan suara, yang kita sebut Jokowi effect. Tapi hal itu tidak berpengaruh di Tangerang.”

Ditambahkan Sunarto,  ‘konflik’ antara Arief R Wismansyah dengan walikota incumbent, Wahidin Halim juga memiliki pengaruh pada mengalirnya suara kepadanya. Mulai dari sikap Wahidin yang tidak mendukung Arief meski sama-sama kader Partai Demokrat. Malah, dukungan dialihkan kepada Abdul Syukur, kader Golkar yang merupakan adiknya.

Hal ini ditambah dengan sempat nyaris gagalnya Sachrudin, pasangan Arief tampil di pilkada. Sachrudin yang merupakan Camat Pinang, tak memperoleh surat izin dari atasannya —Wahidin Halim– dan sempat membuat pasangan ini tidak diloloskan KPUD Kota Tangerang. Tak kalah penting, Kota Tangerang merupakan basis partai berlambang tiga berlian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda