Scroll to Top

Nissan Rilis Mobil Berjalan Otomatis 7 Tahun Lagi

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Sep 2013

nissan-autonomous-drive-car

Mobil yang memiliki kemampuan menyetir secara otomatis diperkirakan akan ramai beberapa rahun lagi. Teknologi ini telah digarap beberapa produsen mobil, termasuk Nissan. Dalam rilisnya, Nissan berencana melepas kendaraan yang bisa mengemudi sendiri ini pada tahun 2020 nanti. Saat ini kendaraan tersebut dalam tahap ujicoba melalui simulasi pada kota buatan yang disusun dengan bangunan dan jalanan seperti aslinya.

“Dengan pemandangan perkotaan yang nyata — dibangun dari bahan bangunan, bukan mock-up – guna menguji coba kendaraan hingga melebihi batas yang mungkin terjadi di jalanan umum, demi memastikan keamanan teknologi,” kata Nissan Carlos Ghosn, bos Nissan.

Dikutip Antara, teknologi Nissan yang dinamai Autonomous Drive itu menjadi inovasi lanjutan dari kemajuan produk Nissan sebelumnya. Pada 2010 lalu, Nissan merilis mobil Nissan Leaf yang seutuhnya memakai listrik sebagai sumber tenaga.

Teknologi Autonomous Drive didesain agar kendaraan selalu terkontrol dalam mencegah terjadinya tabrakan. Unsur keselamatan tersebut bekerja dengan adanya berbagai sensor dan kamera 360 derajat, yang mempu mendeteksi kemungkinan tabrakan hingga membantu kendaraan untuk memarkir.

Dari sisi pengguna mobil, teknologi ini akan mempermudah pengemudi lanjut usia dan pemilik keterbatasan tubuh untuk tetap mampu bermobilitas secara normal. Pastinya, pengemudi bisa memanfaatkan waktu yang biasa dipakai menyetir, untuk digunakan beraktivitas lain yang lebih produktif.

“Saya sungguh-sungguh ingin siap memperkenalkan tonggak baru teknologi Autonomous Drive tahun 2020 dan kami sedang dalam jalan mewujudkannya,” kata Ghosn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda