Scroll to Top

Berolahraga dan Mendengarkan Musik Meningkatkan Fungsi Kerja Jantung

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 03 Sep 2013

olahraga

Ada cara lebih nikmat untuk menyehatkan jantung Anda, yaitu berolahraga dan mendengarkan musik favorit. Kedua memberikan manfaat positif baik dilakukan secara terpisah maupun bebarengan. Efek bagi jantung makin baik ketika dua aktivitas tersebut digabungkan. Demikian menurut studi yang dipresentasikan dalam European Society of Cardiology Congress 2013 di Amsterdam.

Dikutip Huffington Post, mendengarkan musik dan berolahraga berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan nilai fungsi jantung. Untuk membuktikan hal ini, studi melibatkan 74 pasien jantung selama sesi penelitian. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok.  Dua kelompok diminta untuk berolahraga aerobik. Salah satu kelompok ditambahkan tugas untuk juga mendengarkan musik favoritnya.

Sementara satu kelompok lainnya tidak melakukan olahraga. Hanya saja mereka diminta untuk mendengarkan musik favorit mereka selama 30 menit setiap hari,sembari melakukan aktivitas harian seperti biasa.

Hasilnya, berolahraga dan mendengarkan musik dapat meningkatkan fungsi kerja jantung pada setiap relawan yang ikut serta dalam penelitian. Berolahraga aerobik mampu meningkatkan fungsi jantung hingga 29 persen. Relawan yang diminta untuk rutin mendengarkan musik favorit setengah jam setiap hari mengalami peningkatan fungsi kerja jantung hingga 19 persen. Namun, saat relawan melakukan olahraga dan mendengarkan musik favorit, fungsi jantung mereka meningkat hingga 39 persen.

Oleh karena itu disarankan untuk menggabungkan olahraga dan mendengarkan musik kesukaan menjadi bagian gaya hidup. Keduanya akan membawa manfaat besar bagi jantung jika sampai menjadi sebuah kebiasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda