Scroll to Top

Microsoft Akuisisi Bisnis Ponsel Nokia

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Sep 2013

Akuisis Nokia

Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond, Microsoft, akhirnya mengakuisisi atau membeli bisnis ponsel Nokia senilai 5,4 miliar euro. Akusisi bisnis Device & Service Nokia oleh Microsoft ini juga termasuk paten lisensi dan layanan pemetaan yang dimiliki oleh produsen ponsel asal Finlandia tersebut.

Akusisi bisnis ponsel Nokia oleh Microsoft ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan, mengingat isu akuisisi ini telah beredar cukup lama dan hubungan kedua perusahaan tersebut juga cukup dekat.

Pembelian bisnis ponsel Nokia oleh Microsoft ini senilai 5,4 miliar euro ini semuanya dalam bentuk uang cash yang terdiri dari 3,79 miliar euro untuk akuisisi bisnis Device & Service atau ponsel dan 1,65 euro untuk akuisisi lisensi dan paten yang dimiliki oleh produsen pembesut smartphone Lumia tersebut.

Pembayaran akuisisi bisnis ponsel Nokia ini kabarnya akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2014 mendatang. Selain itu, penyelesaian proses akuisisi ini juga bergantung pada beberapa hal, sebut saja persetujuan regulator, persetujuan pemegang saham Nokia, dan kondisi-kondisi lainnya yang menjadi syarat penyelesaian akuisisi tersebut.

Microsoft sendiri dikabarkan telah membentuk sebuah tim yang menangani masalah penyelesaian akuisisi terhadap bisinis ponsel Nokia. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini juga telah mempersiapkan strategi khusus untuk penjualan ponsel Nokia di masa depan.

“Ini adalah langkah berani ke depan dan win-win solution bagi karyawan , pemegang saham dan konsumen dari kedua perusahaan. Membawa tim-tim besar bersama-sama akan mempercepat saham dan keuntungan Microsoft di pasar ponsel, dan memperkuat peluang keseluruhan untuk Microsoft dan mitra kami di seluruh perangkat dan layanan.”

“Selain inovasi dan kekuatan dalam ponsel pada semua titik harga, Nokia menghadirkan kemampuan yang telah terbukti dan bakat dalam berbagai bidang penting seperti desain hardware dan rekayasa¬† rantai pasokan dan manajemen manufaktur, dan penjualan hardware,” kata Steve Ballmer, CEO Microsoft.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (02/09/2013), Microsoft secara substansial telah mengakuisisi bisnis ponsel Nekia yang di dalamnya termasuk ponsel, smartphone, tim desain, fasilitas produksi, penjualan, pemasaran, dan sekitar 32.000 karyawan Nokia akan ditransfer ke Microsoft setelah akuisisi selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda