Scroll to Top

KitKat, Nama Generasi Android Terbaru Setelah Jelly Bean

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 04 Sep 2013

KitKat

Diyakini, setelah Jelly Bean, Google bakal merilis Key Lime Pie untuk OS Android generasi selanjutnya. Namun, ternyata Google memilih nama KitKat di mayor update Android 4.4.

Kabar ini pertama kali beredar di laman Google Plus Sundar Pichai. Vice President Android, Chrome dan Google Apps ini mulanya hanya umumkan jika jumlah aktivasi Android kini telah capai lebih dari 1 miliar perangkat.

Sejurus demikian, nampak patung Android KitKat berdiri di depan halaman kampus Google di Mountain View, Amerika Serikat. Masih dari laman Google Plus-nya, Sundar Pichai juga memosting foto patung ‘robot cokelat’ tersebut.

Dari postingan ini terkuak sudah jika Google bakal berikan nama KitKat pada generasi Android berikutnya setelah Jelly Bean. Pun juga tersibak sudah jika mayor update berikutnya bukan Android 5.0 melainkan Android 4.4.

Jika mendengar nama KitKat maka akan sangat familiar dengan salah satu produk cokelat Nestlé. Ya, penamaan tiap generasi OS Android memang disengaja memilih nama jenis dessert atau pencuci mulut.

Sejak generasi Android perdana hingga terkini, Google selalu konsisten lakukan itu. Berikut list lengkap penamaan OS Android sejak generasi pertama.

  • Android 1.5, Cupcake
  • Android 1.6, Donut
  • Android 2.0, Éclair
  • Android 2.2, Froyo
  • Android 2.3, Gingerbread
  • Android 3.0, Honeycomb
  • Android 4.0, Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1, Jelly Bean
  • Android 4.4, KitKat

Di laman resmi Android pun telah memutakhirkan informasi terkait keputusan ini. Terpampang logo Android 4.4 KitKat dengan wujud ‘robot ijo’ khas Android namun dengan tubuh batangan cokelat KitKat.

“Sepertinya semua orang menemukan kesulitan untuk jauh dari cokelat dan kami memutuskan untuk menamai versi berikutnya dari Android yakni salah satu cokelat favorit kami, Kitkat,” tulis situs Android.

KitKat Wafer

Sayangnya Google tak beberkan lebih lanjut soal fitur dan kelebihan OS generasi berikutnya ini. Yang menarik kemudian adalah tak ada ‘deal uang’ dibalik pemilihan nama yang sejatinya dimiliki oleh brand Nestlé.

Jubir Google mengonfirmasi pada Mashable jika antara Google dan Nestle terjadi sebuah kesepakatan lintas promosi. Nestlé dipersilakan pergunakan label Android di kemasan produk KitKat miliknya sebagai langkah marketing.

Di sebuah produk Kit Kat Crispy Wafers, nampak tertampil logo Android khas ‘robot ijo’ sambil mengunyah wafer cokelat KitKat. Pun juga ada pula promo undian berhadiah di bungkus kemasan untuk kesempatan menangkan tablet Google Nexus 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda