Scroll to Top

Akibat Bau Karpet Menyengat, Pilot Daratkan Darurat Pesawat

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 04 Sep 2013

Lufthansa

Pesawat mendarat darurat umumnya disebabkan adanya hal genting atau membahayakan. Namun, salah satu pesawat milik Maskapai Penerbangan Lufthansa, daratkan pesawat secara darurat karena hal tak lazim, akibat bau karpet yang menyengat.

Pesawat Lufthansa  berjenis Airbus A320-200 lepas landas Jumat lalu dari Stockholm, Swedia menuju Frankfurt , Jerman. Akan tetapi, pesawat tersebut terpaksa mendarat di Kopenhagen karena penumpang mencium bau menyengat di atas pesawat setelah 15 menit lepas landas.

Khawatir akan keselamatan penumpang, awak Lufthansa pun memutuskan untuk daratkan pesawat ke Ibukota Denmark, Kopenhagen. Setelah mendarat, 129 penumpang kemudian dialihkan ke penerbangan lain.

Setelah ditelusuri ternyata bau menyengat itu berasal dari karpet dalam pesawat yang baru diinstalasi. Setelah dua setengah jam di Kopenhagen, Lufthansa akhirnya berhasil capai di Frankfurt. Namun jadwal tiba mereka molor hingga 2 jam 45 menit.

Kisah di atas hanya satu dari sekian kejadian unik dan menggelikan yang terjadi di atas pesawat. Dikutip dari situs Telegraph, ada beberapa cerita konyol dan menarik lainnya.

Pada musim panas tahun lalu, salah satu pesawat Maskapai Penerbangan Monarch terpaksa mengalihkan rute penerbangannya. Ini terjadi sebab salah satu penumpang mencoba ‘membakar’ rambut penumpang lain sekaligus rekannya.

Kejadian itu berlangsung saat pesawat di atas ketinggian 30 ribu kaki. Penumpang berusia 24 tahun asal Widnes, Inggris, akhirnya ditahan atas tuduhan membahayakan pesawat serta penumpang. Kasus ini sendiri terjadi saat pesawat menempuh rute Manchester, Inggris ke Majorca, Spanyol.

Kisah lain datang dari mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Pada suatu ketika, presiden ke-42 AS ini sempat menunda keberangkatan pesawat Air Force One. Ini dilakukan hanya karena sang presiden ingin hair stylist-nya menyelesaikan dandanan rambutnya yang tak kunjung selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda