Scroll to Top

Microsoft Tanggalkan Nama Nokia dari Jajaran Lumia & Asha?

By Ditya / Published on Wednesday, 04 Sep 2013
Nokia Lumia 625
Nokia Lumia 625

Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond, Microsoft, dikabarkan akan menanggalkan nama Nokia untuk jajaran produk Lumia dan Asha di masa depan. Pembesut sistem operasi Windows Phone ini diperkirakan akan menggunakan nama Microsoft di depan nama produk Lumia dan Asha.

Microsoft Lumia dan Microsoft Asha, kedua nama inilah yang kemungkinan akan hadir untuk jajaran smartphone masa depan menggantikan nama Nokia. Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah mengakuisisi bisnis ponsel Nokia senilai 5,4 miliar euro dan mendapatkan kontrol penuh atas merk dagang Asha dan Lumia.

Tak hanya itu, Microsoft diperkirakan masih menggunakan nama Nokia untuk ponsel pemula atau feature phone di luar keluarga produk Asha dan Lumia karena kedua perusahaan tersebut telah mencapai kesepakatan lisensi penggunaan nama Nokia selama 10 tahun.

Nokia sendiri baru saja memperkanlakan layanan pemetaan yang disebut dengan Nokia HERE. Kabarnya, Microsoft membayar Nokia untuk menggunakan layanan pemetaan HERE tersebut untuk produk smartphone Lumia selama 4 tahun.

Akusisi Microsoft terhadap Nokia ini agak berbeda dengan akuisis Google terhadap Motorola. Seperti yang kita ketahui, setelah akuisisi Motorola oleh Google, produsen smartphone tersebut masih menggunakan nama Motorola seolah-olah tak ada proses akuisis oleh Google.

Akuisisi Nokia oleh Microsoft ini sendiri dianggap sebagai langkah strategis untuk melebarkan sayap smartphone Windows Phone dan membangun ekosistem yang lebih mapan. Microsoft kini memiliki kontrol penuh terhadap prosuk smartphone Lumia.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (03/09/2013), jika memang Microsoft akan meninggalkan nama Nokia untuk jajaran smartphone Lumia dan ponsel Asha, bisa jadi ini adalah akhir kiprah Nokia di pasar ponsel yang pernah merajai penjualan ponsel dunia selama 14 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda