Scroll to Top

10 Gejala Seseorang Mengalami Obesitas

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 04 Sep 2013

obesitas

Obesitas memiliki banyak efek samping yang merugikan kesehatan. Masalah yang dapat muncul di anataranya adalah sakit jantung, risiko stroke, tingginya kolesterol, hingga mengalami hipertensi. Untuk menilai apakah berat badan Anda sudah dalam kategori obesitas, bisa dilihat dari tanda-tanda berikut ini:

  1. Sesak napas. Rata-rata orang yang tubuhnya gemuk akan merasakan napasnya lebih berat. Hal itu disebabkan adanya penumpukan lemak di sekitar leher dan dada. Lemak berlebih ini membuat udara agak sulit mengalir masuk dan keluar paru-paru.
  2. Sakit lutut. Penyebabnya adalah lutut dan pergelangan kaki, termasuk bagian sendi, mendapatkan tekanan kuat untuk menahan beban berat badan di atasnya. Akibatkan area kaki terasa sakit dan kaku. Ini mempengaruhi pula terhadap postur tubuh dalam jangka panjang.
  3. Mudah depresi. Orang gemuk cenderung rendah diri karena kondisinya. Mereka lebih mudah tertekan pikirannya karena keadaan fisiknya.
  4. Sakit maag. Kelebihan lemak membuat adanya tekanan di sistem pencernaan  dan kadang menyebabkan isi perut kembali didorong ke arah kerongkongan. Rasa yang muncul di antaranya gejala maag, rasa nyeri di tulang dada, hingga rasa terbakar di kerongkongan.
  5. Mendengkur. Penumpukan lemak di leher juga memicu seseorang mendengkur. Dengkuran terjadi saat terjadi getaran jaringan lunak di tenggorokan dan leher ketika bernapas. Jika lingkar leher lebih dari 43 centimeter, biasanya lebih banyak mendengkur saat tidur.
  6. Memiliki tekanan darah tinggi.Obesitas dan hipertensi saling berkait. Banyaknya lemak dalam tubuh menimbulkan risiko seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini membuat seseorang juga rentan mengalami masalah kardiovaskular. Serangan stroke dan jantung patut diwaspadai.
  7. Sakit punggung. Orang gemuk memiliki tiga risiko sakit di bagian punggung. Yaituk keausan di punggung bagian bawah (spoondylolisthesis), patah tulang belakng, dan penyempitan kanal tulang belakang.
  8. Masalah kulit. Orang dengan obesitas lebih mungkin memiliki kulit gelap dan terjadi lipatan-lipatan kulit. Mereka juga mudah mengalami infeksi jamur dan bakteri di kulit dengan tanda adanya ruam.
  9. Varises. Pembuluh darah vena yang melebar biasa dialami oleh orang obesitas.
  10. Haid tidak teratur. Ini terjadi pada wanita gemuk yang kemungkinan diakibatkan ketidakseimbangan hormon karena kelebihan lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda