Scroll to Top

Mengobati Luka Bakar Dengan Lidah buaya

By angelberta / Published on Sunday, 29 May 2011

Sekecil apapun, luka akan meninggalkan bekas bila sudah terinfeksi. Penyebaran infeksi tersebut adalah melalui air, debu dan kotoran, dimana ketiga hal ini mengandung bibit penyakit . Luka yang terinfeksi biasanya akan merah meradang, bahkan akan melepuh bila lukanya tergolong berat, dan yang paling fatal kulit akan menjadi gosong sehingga meninggalkan bekas.

Penanganan luka bakar berbeda dengan luka yang lainnya. Kesalahan terbesar yang ada sampai saat ini adalah anggapan bahwa mengobati luka bakar dengan mengoleskan odol merupakan sebuah solusi. Padahal itu sama sekali bukan solusi, bukan penanganan yang tepat. Itu hanya akan memperburuk keadaan luka anda. Dijamin, luka anda bakal melepuh dan akan lama untuk pulih kembali.

Kita tahu bahwa lidah buaya (aloe vera) adalah tumbuhan yang kaya akan khasiat sebagai obat, kesehatan, juga untuk kecantikan. Lidah buaya terbukti mengandung zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Namun apakah anda sudah tahu? Aloe vera / lidah buaya bisa juga dipakai untuk mengobati luka bakar seperti terkena knalpot, terkena minyak goreng panas, terkena sinar matahari yang terlalu lama, tersiram kuah panas, dan lainnya.

Bagaimana caranya? Sangat mudah!

1.  Ambil lidah buaya. Kita kupas kulit luar lidah buaya, buang. Karena yang berguna untuk pengobatan luka bakar ini adalah bagian dagingnya (yang bening). Alternatif lain adalah dengan cara menumbuk buah lidah buaya tadi.

2.  Tempelkan lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya ke bagian kulit anda dimana terdapat luka bakar. Untuk luka yang kegosong-gosongan akibat terkena sinar matahari, caranya sama. Tinggal oleskan saja dibagian yang dianggap gosong.

3.  Tunggu sampai lukanya tidak melepuh

4.  Jika sudah, lepas dan bersihkan lidah buaya dari kulit anda sampai bersih

Demikian salah satu cara untuk mengobati luka bakar agar tidak berbekas. Ke empat langkah diatas tidak termasuk untuk luka bakar yang mengenai bagian tubuh secara meluas. Bila hal ini terjadi, maka memerlukan perawatan Rumah Sakit. Ingat, jangan gunakan odol!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda