Scroll to Top

Desain Baju Damn! I Love Indonesia Daniel Mananta Dibajak di Singapura

By Ria Tanisa / Published on Wednesday, 04 Sep 2013

daniel mananta

Daniel Mananta tengah dibuat kesal. Pasalnya desain baju karyanya yang diberi brand ‘Damn! I Love Indonesia’ ditiru di Singapura. Di negara tetangga tersebut beredar kaos bertuliskan ‘Damn! I Love Singapura, Grab and Go’. Mirip dengan desain yang dimiliki brand milik Daniel yang sudah memiliki sertifikat HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

“Gue sempet kaget banget pas desain kami udah ada di Singapura. Kami sudah lima tahun dan sudah dapat sertifikat dari HAKI,” tutur Daniel saat ditemui di kawasan Tomang, Jakarta Barat beberapa waktu yang lalu.

Rupanya, pembajakan terhadap brand Damn! I Love Indonesia bukan kali pertama ini terjadi. Namun, kejadian ini yang paling besar. Apalagi pembuatan kaos tersebut juga memiliki misi khusus, yaitu untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

“Sebenarnya kita dibajak udah tiga tahunan lebih, tapi masih skala kecil sih. Pas main sinetron juga crew-crew gue pake baju Damn! I Love Indonesia. Kayaknya pembajaknya udah kayak nggak tau malu untuk ngebajak. Sedih sih, karena Damn! I Love Indonesia punya misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia,” ungkap Daniel.

desain kaos

Dari gambar kaos Damn! I Love Singapura, memang terlihat sangat mirip. Kesamaannya lebih dari 25% sehingga hal tersebut bisa dikategorikan pelanggaran hak cipta. Daniel sendiri berniat untuk segera mengurus permasalahan tersebut dan sudah mengonsultasikannya pada pengacara. Meskipun demikian, ia masih membuka jalan damai sebelum membawa masalah tersebut ke meja hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda