Scroll to Top

Teknologi Chip IBM Untuk Penyaringan Air

By Ivan Azzam / Published on Friday, 23 Sep 2011

Bob Allen, seorang peneliti IBM menghabiskan karirnya untuk mendalami proses pemabrikan semiconductor. Tapi di Almaden Research Center di San Jose, California, Allen mencoba pemahamannya pada nanoteknologi dan jaringan membran untuk penemuan metode yang lebih baik pada penyaringan air. Lucu rasanya memikirkan teknologi yang biasa digunakan untuk membuat chip tercepat sekarang diteliti untuk pabrik desalinasi air, yaitu menyaring garam dari air laut.

Gambar diatas adalah saat Allen berada di IBM Almaden Research Center, di dalam laboratorium material kimia canggih, Allen menunjukkan material yang dikembangkan lab seperti photoresist, yaitu lapisan tahan cahaya yang biasanya digunakan untuk membuat pola berbeda pada chip dan digunakan secara meluas di industri chip. Lab tersebut juga mengembangkan material untuk memperluas photolithography atau pola cetak pada chip untuk digunakan pada air.

Allen mengatakan lab sedang membuat material baru untuk chip generasi baru demi menghilangkan kotoran dari air. Lab tersebut kini dialihfungsikan sebagai fasilitas penelitian tersebut dan mencari tahu seberapa bagus kemampuan mereka menyaring air laut. Air laut dipompa dan kotoran-kotoran akan disaring.

Penasaran akan cara kerja yang dimaksud? Cari tahu dari video dibawah ini:

[youtube IgNIyCMvdws]

(via VentureBeat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda