Scroll to Top

Sarah Colwill, Logat Wanita Inggris Ini Jadi Orang China Setelah Bangun Tidur

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 05 Sep 2013

Sarah Colwill 1

Ditengarai mengidap sindrom aneh, Sarah Colwill mendadak berubah logat bicaranya. Setelah bangun tidur, wanita 38 tahun asal Inggris ini tiba-tiba berbicara dengan logat orang China.

Dikisahkan Daily Mail, kejadian ini terjadi pada 7 Maret 2010 lalu. Pada hari itu tak ada yang aneh di aktivitas Sarah Colwill. Namun tatkala bangun tidur, ia merasa tak biasa. Logat bicaranya berubah.

Sarah Colwill kemudian divonis dokter mengidap sindrom langka yang bernama Foreign Accent Syndrome (FAS) atau sindrom aksen asing. Disebut langka sebab di dunia ini hanya terjadi sekitar 61 kasus saja.

Kasus-kasus sebelumnya ditemukan di rentang tahun 1941 hingga 2012. BBC pun tertarik untuk mengabadikan kisahnya dalam sebuah film dokumenter yang bertajuk The Woman Who Woke Up Chinese.

Sarah Colwill 2

Sarah Colwill pun mengaku sejatinya ia alami sakit kepala sebelum terlelap. Ia kala itu menderita migrain dan sempat dilarikan ke rumah sakit. Setelah terbangun, tiba-tiba saja keanehan itu muncul.

Efek yang ditimbulkan dari kejadian ini juga menyiksa dirinya. Sarah Colwill bahkan dikira orang asing dan bukan warga Inggris. Sejak tahun 2010 atau pasca kejadian itu ia berupaya untuk mengubah ke logat asli.

Sementara itu menurut medis sindrom aneh yang ada memang kerap menyerang penderita yang alami migrain parah. Sebab, penyakit ini telah membuat kerusakan pada otak neurologis.

Celakanya lagi belum ada pengobatan untuk penyembuhan sindrom unik ini. Penderita hanya lakukan terapi suara agar logat bicara mereka kembali seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda