Scroll to Top

Estonia vs Belanda 2-2: Diselamatkan Penalti Robin Van Persie

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 07 Sep 2013

Belanda vs Estonia

Sepakan penalti Robin Van persie di ujung laga menyelamatkan Belanda dari kekalahan memalukan atas tuan rumah Estonia. Oranje tertinggal via dua gol Konstantin Vassiliev sebelum memaksakan hasil imbang 2-2. Beruntunglah Belanda masih mempertahankan rekor tak terkalahkan di Grup D kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa.

Belanda yang mengemas 20 gol dan cuma terbobol 2 kali dalam pengembaraan mereka di Grup D, datang ke Estonia seperti untuk mengulang kemenangan 3-0 yang menjadi hasil akhir kedua tim sebelumnya. Namun, pasukan Louis Van Gaal ternyata harus dipaksa bekerja keras pula oleh tuan rumah di A Le Coq Arena.

Tim Oranje memulai pertandingan dengan terbang tinggi. Baru menit kedua, Arjen Robben sudah menjaringkan gol ke gawang Sergei Pareiko. Berawal dari umpan Robin Van Persie, Robben menerobos masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang seakan menjamin kekalahan kelima Estonia.

Namun, tidak semudah itu. Setelah Wesiley Sneijder (‘8), Robben (’10), dan Van Persie (’11) membuang peluang, respons apik Estonia ditunjukkan melalui gol Konstantin Vassiljev di menit 18. Kesempatan perdana tuan rumah dimanfaatkan sang gelandang untuk melepaskan tembakan kaki kiri yang membungkam Michel Vorm.

Skor yang seakan mustahil. Tapi Belanda kemudian bekerja keras. Bermodalkan seorang Arjen Robben mereka mengincar gol kedua, yang sayangnya tak mau datang hingga turun minum. Dan mimpi buruk datang di awal babak kedua.

Jika ini mimpi, mungkin mimpi yang terlalu indah untuk Estonia. Setelah tembakan lemah Kevin Strootman, tuan rumah berusaha menekan dan terus menekan hingga lahirlah gol kedua dari Konstantin Vassiljev di menit 57.

Menit-menit mencemaskan mulai menyelimuti tim tamu. Kehadiran Dirk Kuyt dan dua pergantian di sektor pertahanan tak memperbaiki keadaan. Hingga Paio Piiroja didakwa mengerjai Robin van Persie. Kartu merah untuk bek Estonia. Dan eksekusi RVP menyelamatkan muka Oranje.

Meraih 19 poin dari 7 pertandingan, Belanda masih bisa tenang. Meskipun Rumania menang 3-0 dari Hungaria, mereka masih memimpin dengan selisih 6 poin.

ESTONIA: Pareiko, Klavan, Piiroja, Jaager, Kruglov, Lindpere (Kams ’85), Dmitrijev, Vunk, Vassiljev, Anier (Sergey Zenjov ’56), Ojamaa (Reintam ’96).

BELANDA: Vorm, Janmaat, de Vrij (Bruma ’67), Martins Indi, Willems (de Guzman ’75), Robben, Sneijder, Schaars, Strootman, van Persie, Lens (Kuyt ’67).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda