Scroll to Top

FB Tampilkan Iklan di Notifikasi, Promosi Hashtag Populer

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Sep 2013

facebook hashtag

FB kali ini tampilkan iklan di fitur notifikasi. Namun, iklan yang ada bukan seperti ads pada umumnya. Iklan itu berupa promosi tren terpopuler yakni berupa hashtag.

Salah satu pengguna bernama Magdalena Rogi berbagi pengalamannya di situs AllFacebook. Ia berujar jika melihat penampakan iklan tagar pada notifikasi ini di aplikasi mobile.

Berikut penampakannya:

Notif Trending Hashtag

Nampak pada gambar di atas Facebook berikan pemberitahuan pada pengguna via notifikasi jika topik ‘Throw Back Thrusdays’ via tagar #tbt sedang populer. Dengan menklik notif tersebut pengguna akan dihantarkan ke laman tagar terpilih.

Pada bulan Juni 2013 lalu Facebook resmi merilis fitur hashtag. Fitur yang telah mengakar kuat di Twitter ini kini menjamur di Facebook. Sebelumnya, pengguna jejaring sosial tersebut kerap berbagi tagar. Namun sebelum hashtag resmi dirilis tagar tersebut tak bisa diklik.

Soal tampilannya sendiri dan fiturnya tak ada ubahnya seperti yang biasanya kita lihat di Twitter. Tatkala tagar diklik maka pengguna akan dihantarkan ke laman tagar terpilih.

Selesai dengan tagar, awal bulan ini FB uji coba fitur Trending Topic. Kembali, fitur yang telah menahun menghuni Twitter dikloning Facebook. Jika dicoba dikaitkan, ada hubungan antara iklan notif hashtag dengan fitur tagar serta Trending Topic.

Namun jenis iklan ini – meski bukan iklan ‘resmi’ – adalah sebuah konsep iklan baru. Facebook biasanya hadirkan ads di laman Beranda dan sidebar pengguna. Pernah pula FB berniat hadirkan video iklan 15 detik namun urung diluncurkan.

Nampaknya, Facebook berupaya untuk tampilkan iklan dimana saja. Taruhlah iklan di notif sekarang hanyalah sebuah pemberitahuan tren trepopuler soal hashtag. Namun, bilamana tren tersebut dipesan atau seperti di Twitter yaitu Promoted Trends?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda