Scroll to Top

Pengguna Smartphone Rata-rata Unduh 25 Aplikasi

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Sep 2013

Smartphone Users

Di Korea Selatan, rata-rata pengguna smartphone mengunduh 40 aplikasi. Jumlah terendah terjadi di Perancis di angka 32 aplikasi. Jika dirata-rata secara global, tiap pengguna smartphone di muka Bumi mengunduh 25 aplikasi.

Seperti ditulis Mashable berdasar data dari Our Mobile Planet, dari data yang ada pengguna smartphone di Korea Selatan gemar mengunduh aplikasi gratis. Dari 40 aplikasi yang diunduh, 47 diantaranya adalah aplikasi gratis sedangkan 3 sisanya adalah aplikasi berbayar.

Sedangkan Jepang adalah pasar aplikasi berbayar yang cukup dominan. Pengguna smartphone negeri Sakura ini hanya mengunduh 19 aplikasi gratis namun men-download 17 aplikasi berbayar.

Berikut data lengkap dari Our Mobile Planet per bulan Maret 2013 untuk peringkat 10 besar pada negara yang telah dikaji.

Our Mobile Planet

Di bulan Juli lalu perusahaan analitik Flurry rilis laporannya soal ketersediaan aplikasi gratis di toko aplikasi online pada tahun 2010 dan 2012. Pada waktu itu dari data yang ada ada sekitar 84% aplikasi gratis di semua toko aplikasi.

Yang patut diperhatikan adalah soal budaya pengunduhan pengguna. Pemilik device Android hanya membayar USD 0,06 per aplikasi premium. Sedangkan pemilik device iPhone di angka USD 0,19 dan iPad di angka USD 0,50.

Bisa disimpulkan jika pengguna Android memang gemar mengunduh aplikasi gratis. Jika dihubungkan dengan data Our Mobile Planet, bisa berkaitan. Hanya Jepang yang berimbang jumlah unduhan antara aplikasi berbayar dan gratis.

Negara-negara lainnya, cukup jauh ketimpangannya. Jangan lupa abaikan fakta jika 96% aplikasi Android terlaris di Google Play adalah gratis. Ini belum termasuk sejumlah aplikasi gratis populer yang tersedia di App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda