Scroll to Top

Spirit: Situs Ini Hapus Tweet Twitter Secara Otomatis Setelah 10 Menit

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Sep 2013

Spirit

SnapChat memungkinkan foto yang dikirim pengguna musnah dengan sendirinya. Ini juga berlaku untuk Facebook Poke. Nah, tool dari situs Spirit tawarkan fitur serupa. Bukan berwujud aplikasi berkonten foto, namun situs ini bisa hapus tweet yang dikicaukan secara otomatis setelah beberapa menit di-tweet-kan pengguna.

Tool ini bukan berupa aplikasi mobile. Sangat berbeda dengan SnapChat serta Facebook Poke. Keduanya berwujud aplikasi yang wajib diinstal pengguna baik pengirim dan penerima. Dua aplikasi tersebut cocok bagi mereka yang gemar berkirim foto berprivasi ketat.

Sedangkan Spirit sejenis tool yang terhubung ke Twitter. Secara sederhana pengguna bisa menghapus tweet terpilih secara otomatis setelah sekian menit tayang di linimasa. Pilihannya pun beragam, bisa setelah 10 menit hingga 1 hari.

Pierre Legrain sang kreator berujar jika Spirit hanya membutuhkan ‘sambungan’ ke Twitter. Pengguna tak perlu mengunduh aplikasi apa pun baik itu di smartphone maupun PC. Tinggal hubungkan akun Twitter dengan Spirit dan tulis tweet dengan pola hashtag tertentu.

Misalkan saja pengguna menulis tweet di Twitter dengan tambahan hashtag #10m. Ini berarti kicauan akan musnah secara otomatis setelah 10 menit. Lain pula dengan tagar #1d. Tweet yang ada akan terhapus dengan sendirinya setelah 1 hari.

Namun Spirit kini masih dalam proses pengembangan. Pierre Legrain berupaya keras agar layanan ini segera terselesaikan. Yang jadi ganjalan di benaknya yakni persoalan tagar yang universal.

Misalkan tagar #1d sebagai penanda tweet akan terhapus setelah 1 hari. Tagar ini kerap digunakan oleh penggemar boy band One Direction. Ia khawatir tool Spirit akan timbulkan kesalahpahaman dan kerancuan khususnya pada diri fans grup musik tersebut.

Tengok kebolehan layanan Spirit pada tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda