Scroll to Top

Ini Sanksi Berat PSSI untuk Persis Solo

By Aditya / Published on Sunday, 08 Sep 2013

persis solo pss sleman rusuh

Usai kerusuhan antar suporter saat Persis Solo menjamu PSS Sleman di Stadion Manahan Solo dalam kompetisi Divisi Utama PT Liga Prima Indonesia Sportindo beberapa waktu lalu, PSSI segera melakukan investigasi terkait laga tersebut. Hasilnya, PSSI akhirnya memutuskan pertandingan antara Persis vs PSS tidak sah. Tak hanya itu, PSSI pun menjatuhkan hukuman berat kepada Persis Solo. Apa saja?

PSSI menyebut laga itu ilegal karena sebelumnya Persis Solo dinilai telah melakukan tindak pelanggaran. Berikut ini adalah 6 poin dalam Surat Keputusan Komisi Disiplin PSSI tertanggal 29 Agustus 2013 terkait hukuman untuk Persis Solo:

  1. Menghukum Persis Solo karena tidak hadir di tempat pertandingan,dinyatakan kalah 3-0 melawan Persifa Fakfak, kalah 3-0 melawan Persemalra Tual.
  2. Menghukum Persis Solo dikurangi enam nilai dari pengumpulan nilai yang diperoleh sebelum pertandingan tersebut.
  3. Menghukum Persis Solo berupa denda Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
  4. Menghukum Persis Solo berupa sanksi diskualifikasi dari Kompetisi Divisi Utama 2013.
  5. Keputusan Komisi Disiplin PSSI ini dapat dimohonkan banding.
  6. Surat keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.

Laga antara Persis Solo melawan PSS Sleman diwarnai dengan kericuhan antara suporter. Bahkan, para pemain PSS Sleman akhirnya enggan melanjutkan pertandingan dengan alasan keamanan dan wasit pun memutuskan kemenangan untuk Persis Solo meskipun akhirnya dibatalkan oleh PSSI.

Antara Pasoepati (suporter Persis Solo) dengan para pendukung klub sepakbola dari Yogyakarta memang kerap terjadi bentrok. Tak hanya dengan pendukung PSS Sleman (Slemania dan BCS 1976), Pasoepati pun selalu memasang tensi tinggi dengan Brajamusti dan The Maiden) jika kedua kubu bertemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda