menguatkan tulang

Tulang sangat penting artinya untuk menopang dan membentuk struktur tubuh manusia. Karenanya memelihara kesehatan dan kekuatan tulang merupakan hal yang utama, agar fungsinya sebagai pembentuk struktur itu tetap berjalan baik hingga usia lanjut.

Berikut adalah 7 cara agar pertumbuhan tulang tetap kuat dan sehat, sebagaimana dilansir oleh Boldsky:

  • Mulai sejak dini

Pembentukan tulang kuat dimulai sejak usia dini. Jadi mulailah melakukan perawatan kekuatan dan kesehatan tulang dengan melakukan olahraga, berjemur untuk vitamin D, serta mengonsumsi kalsium dengan cukup sejak kanak-kanak.

  • Hindari garam

Konsumsi banyak garam akan meningkatkan ekskresi kalsium. Akibatnya kalsium akan terbuang percuma bila Anda konsumsi banyak garam, yang membuat tubuh kekurangan kalsium.

  • Minum susu

Kalsium yang tinggi dalam semua jenis susu, bisa turut membantu membangun tulang kuat. Konsumsi susu dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan pada masa kanak-kanak hingga usia dewasa.

  • Hindari asap rokok

Merokok bisa menyebabkan kadar kalsium dalam tubuh menurun. Apalagi wanita perokok, maka tingkat esterogennya akan rendah, dan cenderung mengalami menopause dini. Ini turut mendorong terjadinya penurunan kadar kalsium dalam tulang.

  • Hindari sodium

Natrium yang ada dalam makanan kaleng atau makanan olahan pabrik, diketahui menyebabkan kalsium merembes keluar dari tulang ke dalam urin. Lakukan diet rendah sodium dan natrium agar tulang tetap kuat.

  • Olahraga berat

Olahraga semacam angkat berat, atau latihan yang memaksa tubuh Anda untuk bekerja melawan gravitasi semacam kickboxing atau basket baik bagi perkembangan tulang.

  • Melenturkan otot

Latihan semacam pemanasan yang memaksa otot untuk melentur, akan meningkatkan kekuatan tulang. Meregangkan otot atau tendon dengan cara menarik mereka dalam latihan, berpengaruh pada tulang dan memaksa mereka untuk tumbuh.