Scroll to Top

Efek Stres Pada Kecantikan Kulit

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 08 Sep 2013

stres

Stres berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental. Tekanan pikiran ini juga sama buruknya mempengaruhi penampilan yang tampak di luar tubuh. Dikutip Times of India, setidaknya ada tiga hal yang bisa terjadi pada kulit Anda ketika stres tidak juga lepas dari pikiran:

  1. Munculnya jerawat. Selain disebabkan oleh bakteri, jerawat bisa muncul karena stres. Pasalnya stres akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kortisol, hormon pemicu stres, jumlahnya berlebih dan mempengaruhi terjadinya jerawat. Bila Anda mendapatkan jerawat karena stres, kurangi pembengkakannya memakai teh hijau atau chamomile yang mengandung zat antiradang alami.
  2. Kulit mengalami dehidrasi. Stres yang ekstrim membut cairan tubuh lebih banyak hilang. Akibatnya kulit menjadi menurun kelembabannya. Efek yang dapat muncul adalah kulit kering, teriritasi,  dan rentan menjadi jalan masuknya jerawat maupun racun lewat pori-pori kulit.
  3. Berkurangnya produksi kolagen. Kolagen adalah zat alami di bawah kulit yang membuat kulit tampak kenyal. Inilah yang menimbulkan efek kulit terasa kencang. Kalau kolagen semakin berkurang jumlahnya, maka menyebabkan kulit terlihat kendur seperti orang yang sudah tua usianya. Saat stres datang, lakukan latihan pada wajah untuk menguatkan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda