Scroll to Top

FB Bantu Rasa Percaya Diri Calon Mahasiswa Baru

By Ibnu Azis / Published on Monday, 09 Sep 2013

Etika Pelajar di media sosial

Menurut sebuah studi terbaru, interaksi di media sosial bisa membantu menambah rasa percaya diri calon mahasiswa baru. Ini juga termasuk rasa optimisme mereka. Seperti apa?

Studi ini dilakukan oleh Nicole Ellison, seorang profesor di University of Michigan School of Information. Ia lakukan penelitian dengan mensurvei 500 calon mahasiswa.

Menurutnya, jenis interaksi di media sosial khususnya Facebook memainkan peranan sangat penting guna tumbuhkan rasa pede calon mahasiswa. Ini sangat membantu bagi mereka yang ingin masuk universitas unggulan.

Penelitian yang ada gunakan metode statistik untuk mengkaji beberapa faktor yang berhubungan dengan keyakinan calon mahasiswa baru. Faktor-faktor ini termasuk kompetensi. Demikian seperti dikutip dari JPPN.

Faktor lain yang diteliti adalah demografi, universitas pilihan, latar belakang keluarga, serta koneksi mereka di Facebook. Alhasil, bagi mereka yang akrab dengan media sosial mampu mengisi survei dengan baik.

Ini sangat berbeda dengan mereka yang kurang familiar dengan media sosial. Yvette D. Wohn, salah satu mahasiswi doktoral dari Michigan University berpesan pada calon mahasiswa baru agar mengakses media sosial jika miliki sumber daya terbatas.

“Pesan kami kepada calon mahasiswa adalah, jika mereka dirugikan dalam hal sumber daya finansial atau dukungan orangtua, media atau jaringan sosial yang sangat luas dapat membantu mereka mengakses sumber daya atau potensi yang mereka miliki,” jelasnya.

Penelitian Nicole Ellison pun menyimpulkan jika para calon mahasiswa baru hendaknya memanfaatkan dukungan media sosial. Seperti hasil survei di atas, media ini mampu menambah rasa percaya diri dan optimisme pengguna. Ini sangat membantu bagi mereka yang miliki keterbatasan ‘dukungan’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda