Scroll to Top

Mengapa Orang Jadi Mudah Marah Jika Lapar?

By C Novita / Published on Monday, 09 Sep 2013

lapar bikin marah

Pernahkah Anda merasa sangat lapar dan seseorang mencoba bercanda dengan Anda saat itu? Hasilnya Anda akan lebih mudah melampiaskan emosi dan rasa marah saat lapar dibanding saat sedang kenyang, bukan? Bagaimana bisa hal tersebut berlaku?

Lapar memang bisa menyebabkan orang jadi lebih emosional dan gampang meluapkan kemarahan. Mengapa? Hal tersebut terjadi secara naluri, sebab organisme hidup mempertahankan eksistensi mereka dari kematian dengan memiliki sinyal lapar.

Hal tersebut diungkapkan Paul Currie, seorang profesor psikologi dari Reed College.

“Organisme ketika lapar bisa mengabaikan sinyal rasa lapar itu, tetapi mereka tidak bisa bertahan hidup lebih lama,” ungkap Currie seperti dikutip dari Boldsky.

Jika seseorang mengabaikan rasa lapar dengan tak segera makan, maka tubuh meresponnya dengan meningkatkan hormon stres, cemas dan emosi.

“Ketika kita benar-benar lapar dan melihat orang lain makan, ada perasaan tak enak dan marah bukan? Hal itu akan berlaku semakin lapar, maka akan makin tinggi emosi,” ungkap Currie lagi.

Apalagi bila suara keroncongan di perut terdengar, maka rasa cemas, emosi dan stres akan makin meningkat. Itu disebabkan kadar hormon memang sedang meningkat.

Jadi normal saja bila seseeorang yang lapar akan mudah sekali disulut emosinya dan menjadi pemarah bila kebutuhan dasarnya tersebut belum terpenuhi.

Nah, sudah makankah Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda