Scroll to Top

Mobil Si Dul Bisa Melaju Hingga 100 Km/Jam Hanya Dalam 5 Detik

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Sep 2013

dul anak ahmad dani

Sangat tragis kecelakaan di tol Jagorawi yang dipicu kelalaian Abdul Qodir Jaelani alias Dul, anak bungsu dari artis Ahmad Dani. Ada 6 orang mesti meregang nyawa dan 9 lainnya mengalami luka. Sementara Dul hanya mengalami patah tulang di bagian kaki dan masih mengalami trauma.

Remaja 13 tahun yang belum mengantongi surat izin mengemudi (SIM) itu melaju dengan kencang hingga akhirnya lepas kendali pada Minggu dinihari. Mobil Dul sempat melompat keluar jalur menuju sebelahnya yang dipakai untuk melaju kendaraan berlawanan arah. Nahas mobil tersebut akhirnya tertabrak dua mobil lain dari arah berlawanan. Seberapa kencang mobil Mitsubishi Lancer Evo X milik Dul yang dihadiahi bapaknya itu?

Secara umum, Mitsubishi Lancer Evo X mampu melaju hingga kecepatan 265 kilometer per jam. Akselerasinya bisa dipacu dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu tempuh lima detik. Mesinnya memakai 4B11T 2.000cc 16 Valve DOHC Intercooler Turbo Rail DI-D. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 296 HP. Sementara saat kecelakaan Dul terjadi, dia berkecepatan 105,8 kilometer per jam.

Mitsubishi tipe ini memang kategori mobil sport sehingga memiliki tenaga besar. Desaian bodinya memakai bahan berkualitas tinggi yang meminimalkan risiko terluka pada pengemudinya. Konstruksi badan mobil ini dinamai Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). Fitur keselamatan lainnya yaitu sabuk keselamatan , brake assist, pengereman ABS dan EBD, force limiter, hingga pretensioner. Barangkali kuasa Tuhan  yang menyelamatkan nyawa Dul terjadi dengan hadirnya berbagai fitur keselamatan terkini tersebut.

Fitur pembatas keselamatan telah disematkan pada Mitsubishi Lancer Evo X. Namun fitur ini dan fitur keselamatan lainnya menjadi petaka jika dikendarai oleh orang yang belum berpengalaman atau masih labil seperti Dul. Mengendarai mobil juga memerlukan pengetahuan soal etika berkendara. Untuk ukuran Dul yang tergolong baru memasuki usia awal remaja, mengendarai mobil sangat tidak disarankan.

foto: Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda