Scroll to Top

Toyota Corolla Raih Nilai Terbaik dalam Uji Tabrak

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Sep 2013

corolla

Bicara soal tabrakan mobil, jauh hari sebelum mobil dipasarkan biasanya akan melalui uji tabrak. Dan, menurut Euro New car Assessment Programme (NCAP), mobil Toyota Corola adalah salah satu kendaraan yang terbilang cukup aman. Euro NCAP sampai memberikan nilai 5 bintang. Nilai ini adalah raihan poin tertinggi menurut lembaga tersebut sebagai kendaraan yang mampu melindungi pengendaranya dengan baik.

Bukan berarti pengemudi sudah pasti lolos dari maut saat tabarakan. Namun, berbagai komponen keselamatan yang disematkan pada mobil tersebut bisa mengurangi terjadinya kejadian fatal yang mengancam nyawa pengemudi.

Pada Toyota Corolla, produsen telah menyematkan berbagai fitur keselamatan. Untuk mencegah adanya cedera di bagian leher, mobil ini dilengkapi Whiplash Injury Lessening (WIL).  Fitur WIl ada di kedua jok bagian depan yang berfungsi saat mobil tertabrak dari belakang.

Terkait dengan pengereman dan fungsi keselamatan lain, Corolla  memiliki rem ABS dengan EBD, Brake Assist, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan lampu sinyal rem darurat. Semua fitur ini sebagai fitur keselamatan aktif.

Sementara itu, dikutip Dapur Pacu, Corolla juga dilengkapi tujuh buah airbag. Selain itu ada pula seatbelt  3-titik Emergency Locking Retractor (ELR) yang mengunci jika beban terlalu berlebih. Jok depan ditambahkan seatbelt pre-tensioner.

Secara lebih rinci, hasil penilaian uji tabrak terhadap Toyota Corolla yaitu memberikan pelindungan pada penumpang dewasa sebesar 94 persen, anak 82 persen, pejalan kaki 67 persen, dan fitur keselamatan 66 persen.  Sementara itu, standar minimal penilaian untuk mendapatkan poin 5 bintang adalah 80 persen untuk penumpang dewasa, 60 persen untuk anak-anak, 60 persen untuk pejalan kaki, dan 65 persen untuk fitur keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda