dul

Abdul Qodir Jaelani atau yang akrab disapa Dul telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan di kawasan jalan tol Jagorawi yang terjadi pada Minggu dini hari (8/9/2013). Kecelakaan tersebut telah menewaskan 6 orang, sedangkan 9 orang korban lainnya mengalami luka-luka.

Dul yang merupakan anak bungsu Ahmad Dhani dengan Maia Estianty itu sendiri adalah pengendara mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL yang pada saat kejadian menabrak pembatas jalan hingga berpindah jalur dan menabrak mobil Grand Max yang melaju dari arah berlawanan.

“Berkaitan dengan kasus kecelakaan ini, Dul statusnya sebagai tersangka karena yang mengemudikan mobil adalah Dul. Mobil tersebut hilang kendali, menabrak pembatas tol, menabrak Grand Max sehingga mengakibatkan 6 orang meninggal dunia dan 9 orang lainnya luka-luka,” tutur Kombes Pol Rikwanto, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya saat ditemui di kantornya, Senin (9/9/2013).

Dul terancam dikenakan pasal 310 ayat 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara. Namun, Dul sepertinya akan mendapat perilaku yang berbeda mengingat usianya yang baru 13 tahun.

Tak hanya itu, saat kejadian Dul juga diketahui belum memiliki SIM. Namun, menurut Rikwanto, sanksi tidak memiliki SIM hanya dikenakan pada orang dewasa.

“Pasal tidak mengantongi SIM itu kan bagi orang dewasa yang mengemudikan kendaraan. Ini anak di bawah umur, sudah jelas dia tidak boleh mengemudikan kendaraan,” pungkasnya.