mobil dul

Abdul Qodir Jaelani alias Dul, bocah tersangka tabrakan maut di tol Jagorawi, ternyata menggunakan mobil Mitsubishi Lancer EX. Update terbaru ini dikemukakan oleh Riza Habibi, pegawai di dealer Mitsubishi Jalan Fatmawati, seperti dikutip Tempo. Kepastian tipe Lancer ini diperoleh Riza dari keterangan PT Krama Yudha Tiga Berlian selaku agen tunggal pemegang merek untuk Mitsubishi di Indonesia.

Seperti diberitakan Sidomi sebelumnya, Dul memakai Lancer Evo X. Dan, berdasarkan informasi terbaru ini, terjawab sudah kepastian tipe mobil yang dikemudikan Dul. Secara spesifikasi, mobil Lancer EX dibekali mesin berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 155 horse power. Harga per unitnya mencapai Rp 500 juta.

“Mobilnya Mitsubishi Lancer EX, bukan Evo X,” kata Riza.

“Produksi masalnya memang (Lancer) EX,” tambahnya.

Antara Lancer EX dan Evo X memiliki perbedaan cukup jauh. Lancer Evo X adalah mobil sport sesungguhnya. Kapasitas mesinnya 2.500 cc dan mampu digeber dengan tenaga mencapai 276 horse power. Harga Evo X mencapai Rp 1 miliar.

Sementara itu, Lancer EX yang dimiliki Dul dapat  melaju hingga kecepatan 150 kilometer per jam dengan waktu 20-30 detik. Ini jauh lebih rendah dari jenis Lancer Evo X. Dan, pada saat kecelakaan, Dul diduga menggeber mobil pada kecepatan 105,8 kilometer per jam. Kecepatan ini sangat tinggi untuk diterapkan pada bocah yang kurang memiliki jam terbang seperti Dul.

Sekalipun spesifikasi kedua jenis mobil berbeda, keduanya mempunyai sistem keselamatan yang sama hebatnya. Misalnya seat belt dengan pre-tensioner, pembatas kecepatan, hingga airbag.