Scroll to Top

Belanda Harus Maju Jika Ingin Juarai Piala Dunia 2014

By Naqib Najah / Published on Monday, 09 Sep 2013

Belanda vs Estonia

Belanda harus berbenah jika ingin berbicara banyak dalam ajang Piala Dunia 2014. Mempunyai potensi pemuda yang cukup besar, Belanda tetap harus membenahi bebearapa kelemahan untuk memantapkan kekuatan Robin Van Persie dkk. di Brazil nanti. Johan Cruyff menginginkan negaranya melakukan banyak pembenahan.

Dalam laga 6 September kemarin, Belanda nyaris dipulangkan Estonia dengan kekalahan. Anak asuhan Louis Van Gaal yang berdiri selaku tim tamu, membuka asa terlebih dahulu lewat gol Arjen Robben di menit ke-2. Akan tetapi, beberapa menit kemudian, Konstantin Vaasiljev membuat tim tamu ketar-ketir. Dua golnya di menit ke-18 dan 57 nyaris memulangkan Belanda dengan tangan hampa. Untung tim Oranye mempunyai Van Persie yang menyamakan kedudukan di menit ke-90+4.

Track record Belanda di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014 sebenarnya tidak buruk. Dari tujuh pertandingan, mereka memenangi enam partai dan satu laga seri kontra Estonia. Namun laga terakhir kemarin benar-benar membuat sang pelatih harus banyak melakukan evaluasi. Tegas Johan Cruyff:

“Pertandingan melawan Estonia menunjukkan bahwa masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Tidak ada risiko tidak lolos ke Piala Dunia, masih ada waktu untuk bekerja pada sektor yang masih lemah. Anda kadang-kadang membutuhkan hasil nyata untuk membuat orang menyadari bahwa tidak semua hal sebagus yang dilihat.”

Di pertandingan berikutnya, Belanda sudah ditunggu Andorra yang rencananya akan digelar tengah pekan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda