Scroll to Top

FIFA Akui Salah Pilih Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 10 Sep 2013

Blatter-Qatar

10 Desember 2010, Sepp Blatter selaku Presiden FIFA mengumumkan bahwa Qatar memenangi persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Namun tak sampai tiga tahun kemudian, Blatter dengan jantan mengakui bahwa FIFA sepertinya telah membuat keputusan salah dengan memilih Qatar menjadi tuan rumah PD 2022.

Akar permasalahannya adalah banyak pihak merasa tak mungkin Piala Dunia 2022 di Qatar dimainkan pada musim panas, mengingat suhu di Qatar pada periode Juni-Juli dipastikan akan sangat panas.

Sejak lama, FIFA sudah punya usul bahwa Piala Dunia tahun tersebut mungkin digelar pada musim dingin 2022 atau pada bulan Januari. Namun memindahkan jadwal seperti itu akan mengacaukan gelaran kompetisi sepakbola di banyak negara karena lazimnya pada saat itu kompetisi sedang bergulir dan masuk periode padat.

“Mungkin itu (menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022) adalah kesalahan yang kami buat. Pertama, kami ingin melihat apakah para petinggi setuju dengan rekomendasi saya bahwa jadwal dipindah dari musim panas ke musim dingin,” ucap Blatter.

“Ketika Komite Eksekutif menyetujuinya, kami bisa mengambil langkah selanjutnya yakni melihat kalender internasional dan memastikan konsekuensi yang bisa timbul nantinya. Tentu saja kami akan membicarakan masalah ini dengan banyak pihak.”

Well, memindahkan jadwal pertandingan internasional pun juga belum bisa dilakukan oleh FIFA dalam waktu dekat. Itu karena jadwal yang ada saat ini masih tercatat hingga tahun 2018.

Apalagi memainkan Piala Dunia pada Januari atau Februari 2022 juga akan membuat FIFA mendapat banyak kendala karena pada saat itu juga akan digelar 2022 Winter Olympics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda