Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 3, Mana yang Lebih Unggul?

sony_z_ultra_samsung_galaxy_note_3-100052674-large

Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 3

Samsung secara resmi telah memperkenalkan phablet canggih Galaxy Note 3 yang mengusung spesifikasi yang cukup gahar. Sementara itu, Sony juga telah memiliki senjata yang cukup ampuh untuk menghadangnya, Xperia Z Ultra. Lalu, mana yang lebih unggul antara Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 3 ini? Simak ulasan berikut ini.

Layar

Galaxy Note 3 ini menggunakan layar berukuran 5,7 inci berteknologi Super AMOLED dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan Xperia Z Ultra besutan Sony ini mengusung layar yang berukuran lebih besar, yakni 6,44 inci yang mengusung resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan teknologi Triluminos dan X-Reality Engine

Chipset & Prosesor

Galaxy Note 3 ini tersedia dalam dua varian, yakni varian LTE dan 3G non LTE. Galaxy Note 3 varian LTE ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung prosesor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta grafis dari Adreno 330.

Galaxy Note 3 varian 3G atau non LTE  ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 5 Octa 5420 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz dan prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 1,8GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta grafis dari Mali-T628 MP6.

Sedangkan Xperia Z Ultra relatif setara dengan Galaxy Note 3 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 800 MSM8974 yang mengusung prosesor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan grafis Adreno 330 dan didukung memori RAM sebesar 2GB.

Kamera & Baterai

Galaxy Note 3 mengusung baterai berkapasitas 3200mAh, Kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel autofokus dengaan sensor BSI (BackSide Illumination) yang dilengkapi dengan LED flash, dan kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel.

Tampaknya, Sony harus kalah di sektor ini karena hanya berbekal kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel dengan sensor Exmor RS dan sebuah kamera depan. Kapasitas baterai Xperia Z Ultra juga lebih kecil, yakni 3050mAh.

Konektivitas & Memori

Galaxy Note 3 ini tersedia dalam dua varian kapasitas penyimpanan, yakni 32 dan 64GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 64GB. Sektor konektivitas, Galaxy Note 3 ini dipersenjatai WiFi, Bluetooth, GLONASS, NFC, dan MHL 2.0.

Sedangkan Xperia Z Ultra dibekali dengan memori internal berkapasitas 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 64GB. Konektivitas Xperia Z Ultra relatif setara dengan Galaxy Note 3 dengan hadirnya 4G LTE, NFC, WiFi, Bluetooth, GPS, dan DLNA.

Kesimpulan

Secara umum, Galaxy Note 3 dan Xperia Z Ultra ini hampir setara. Galaxy Note 3 unggul di sektor kamera dan kapasitas baterai, sedangkan Xperia Z Ultra unggul di build quality yang lebih baik dengan material casing sama dengan Xperia Z.

Xperia Z Ultra memiliki kelebihan lain pada kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP55/58 yang berarti Xperia Z Ultra ini dapat diajak berenang hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Komentar Anda

Leave A Response