6 Manfaat Bermain Basket

manfaat basket

Permainan bola basket yang diciptakan tahun 1891 ini kebanyakan memang dilakukan hanya oleh remaja dan dewasa muda saja. Hal tersebut disebabkan karena gerakan dan aturan mainnya cukup sulit dan butuh keahlian khusus, selain juga butuh energi besar.

Namun manfaat yang didapat dari bermain basket rupanya juga tidak sedikit. Dikutip dari laman Magforwomen, berikut adalah manfaat kesehatan dari bermain bola basket yang dapat Anda rasakan:

  • Melatih seluruh otot tubuh

Gerakan men-drible bola, melempar, melompat, dan lainnya jelas sekali membuat hampir semua otot tubuh bergerak. Mulai dari otot di kaki, tangan, perut, dada, dan lainnya menjadi lebih terlatih saat Anda bermain basket.

  • Menurunkan berat badan

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, pilihan yang menyenangkan untuk menurunkannya adalah dengan bermain basket. Olahraga ini sangat memfasilitasi penurunan berat badan serta membangun massa otot. Satu jam saja Anda melakukan dribbling, passing, lompat dan berlari dalam basket, 700-750 kalori Anda lepas.

  • Meningkatkan fungsi otak

Butuh konsentrasi tinggi saat bermain basket. Mata pemain harus selalu fokus, dan kaki serta tangan beradu cepat dengan gerakan lawan. Ini membuat fungsi otak jadi lebih aktif, dan kerja pikiran dapat lebih cepat.

  • Menstabilkan hormon wanita

Gerakan aktif dalam basket membuat otot perut wanita menjadi lebih kencang. Hasilnya metabolisme tubuh dan masalah penyebab disfungsi hormon yang biasanya dialami oleh wanita muda bisa disembuhkan.

  • Menghindari osteoporosis

Keseimbangan dan koordinasi tubuh sangat dibutuhkan saat seseorang bermain basket. Ini meningkatkan kekuatan tulang, sekaligus juga menghindari osteeoporosis.

  • Baiik untuk pertumbuhan

Anak-anak yang sejak dini dilatih bermain basket punya kecenderungan memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih baik dibanding dengan mereka yang tidak. Tubuh mereka jadi lebih tinggi, dan tentu saja lebih sehat.

Komentar Anda

Leave A Response