Scroll to Top

AMD: Hanya Kami yang Mampu Menyediakan Hardware untuk PS 4 & Xbox One

By Ditya / Published on Tuesday, 10 Sep 2013

Desain Boks PS 4 vs Xbox One

Seorang petinggi Advanced Micro Device atau AMD mengatakan bahwa hanya AMD yang mampu menyediakan hardware atau perangkat keras untuk konsol generasi baru seperti Sony PlayStation 4 dan Microsoft Xbox One. Hal ini karena AMD memiliki APU (Accelerated Processing Unit).

Seperti yang kita ketahui, baik PlayStation 4 maupun Xbox One ini ditenagai oleh custom APU besutan AMD yang mengusung prosesor 8 core Jaguar dan dipadukan dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Radeon HD yang terintegrasi dalam sebuag chip.

“Jadi pasar konsol game adalah pasar yang sangat menarik bagi kami untuk sejumlah alasan. Kami telah memiliki sejarah tentu melalui bagian dari ATI ke AMD di mana kami melisensikan beberapa teknologi grafis. Ketika Anda melihat dari generasi terakhir pada pertandingan konsol di generasi ini, konsol game itu perlu untuk memberikan peningkatan kinerja yang substansial ke depan.”

“Sehingga vendor konsol game sedang mencari mitra yang bisa menggabungkan kinerja grafis tertinggi dengan kemampuan CPU, dalam hal ini adalah prosesor x86 dengan desain semicustom. Oleh karena itu, AMD menawarkan hal yang unik tersebut melalui solusi APU,” kata Lisa Su, petinggi AMD.

AMD sendiri awalnya hanya produsen prosesor x86 yang kemudian mengakuisisi produsen grafis ATI yang terkenal dengan pengolah grafis Radeon. Setelah itu, AMD memperkenalkan proyek Fusion yang menggabungkan prosesor dengan grafis dalam satu chip saja dan kini disebut dengan APU.

Hal ini berbeda dengan Intel dan Nvidia, karena keduanya hanya kuat di satu sisi saja, yakni prosesor (Intel) dan grafis (Nvidia). Jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan kedua produsen tersebut, Sony dan Microsoft ternyata lebih memilih solusi AMD APU.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (09/09/2013), Nvidia sendiri harus mengakui keunggulan solusi yang diberikan AMD di pasar konsol. Meski demikian, Nvidia masih cukup bertaring di pasar grafis PC dan mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda