Scroll to Top

Setelah Twitter, FB Kini Jiplak Fitur LinkedIn

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 10 Sep 2013

Facebook

FB saat ini tengah mengujicoba pilihan baru di mana pengguna bisa menambah skill profesional di Timeline mereka. Menilik dari fitur itu, bisa dipastikan Facebook meniru apa yang dilakukan LinkedIn. Apa yang dijiplak jejaring sosial itu setelah Twitter?

Bukan sekali dua kali Facebook ‘mengkloning’ fitur unggulan jejaring sosial kompetitorya. Tapi yang paling parah mungkin terhadap Twitter. Tengok apa saja yang dilakukan Facebook terhadap microblogging itu.

FB kini miliki fitur verified account, hashtag, trending topic (uji coba), dan embed post. Ini belum fitur tag nama pengguna saat penulisannya di status yang dimulai dengan simbol ‘@’. Kesemuanya adalah fitur-fitur yang telah mengakar kuat di Twitter.

Nah, kini giliran LinkedIn yang jadi korban. Facebook melirik fitur skill profesional yang bisa ditambahkan ke bagian pekerjaan dan pendidikan pengguna. Nantinya, skill tersebut bakal muncul di Timeline.

Facebook Skill

Laman Sociobits.org berbagi pengalaman ini ke situs teknologi The Next Web. Laman tersebut mengkaji bagaimana Facebook mencoba menambahkan skill profesional pengguna lewat menu yang bernama Professional Skills.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pengguna tinggal mengedit laman pengguna dan kemudian menambahkan menu baru yakni Professional Skills. Fitur ini diduga miliki satu tujuan yakni sebagai penghubung.

Apa yang dilakukan Facebook sejatinya hanya sebagai jembatan antara pengguna yang membutuhkan pekerjaan dan mereka yang sedang mencari profesional. Dengan tambahkan informasi keahlian di profil mereka, para pemberi kerja pun bisa dengan mudah menemukan orang yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda