Scroll to Top

Andorra vs Belanda 0-2: Robin Van Persie Antar Oranje Lolos ke Brazil 2014

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

Belanda vs Andorra

Dua gol Robin Van Persie mengantarkan Belanda melaju ke Brazil 2014 sekaligus menikam tuan rumah Andorra dengan skor 0-2. Tim Oranje sukses menjadi pemuncak klasemen Grup D kualifikasi Piala Dunia 2014 dengan 22 poin, dan tak terkejar lagi oleh Rumania serta Turki.

Setelah hasil mengejutkan bermain imbang dengan Estonia (2-2) kali ini Belanda melawat ke Estadi Comunal d’Andorra la Vella. Menghadapi Andorra yang sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2014 senantiasa kalah, Robin Van Persie dkk. tentu berharap kemenangan 3-0 yang didapat di pertemuan terakhir kedua tim, setidaknya bisa terulang.

Yang terjadi, Andorra sempat memberikan perlawanan berarti. Meskipun mereka lemah dalam penyelesaian akhir —terbukti dengan belum adanya gol bagi Andorra sepanjang rute menuju Brazil 2014— setidaknya pasukan Koldo Álvarez bisa menyegel Belanda sepanjang 45 menit pertama. Meski dipimpin oleh Wesley Sneijder, Oranje tetap saja dibuat frustrasi.

Beruntunglah keadaan berubah di babak kedua. Hadirnya Adam Maher memberi sedikit kesegeran. Belanda kemudian berhasil mencetak gol di menit 51. Siapa lagi pelakunya kalau bukan Robin Van Persie. Ia sukses memanfaatkan umpan silang Kevin Strootman untuk memantapkan langkah Belanda ke Brazil 2014.

Selang tiga menit, pesta Belanda semakin meyakinkan. Kali ini berawal dari umpan silang Daryl Janmaat yang dibendung Ferran Pol, bola mengarah pada Robin Van Persie yang menyarangkan gol ketiganya dalam dua laga terakhir bersama Oranje.

Belanda juga terbantu oleh hasil buruk yang diterima Rumania yang dibungkam Turki 0-2 di kandang sendiri. Tinggal menyelesaikan laga, bukan berarti mereka tidak lagi mengancam Ferran Pol. Setidaknya sang kiper menggagalkan upaya hattrick Robin Van Persie dan tembakan Jermaine Lens.

Namun usaha Belanda cukup sampai di situ. Tak ada gol tambahan. Mereka melenggang ke Brazil 2014 dengan cukup mulus. Catatan 22 poin, menang 7 kali dan sekali imbang dari delapan pertandingan, tentu bisa memberikan optimisme tersendiri bagi kubu Louis Van Gaal di Brazil 2014 mendatang.

Andorra: Pol, Martinez, Miramontes, Nicolas, Renom, Lima, Vales, Lorenzo (Moreno ’59), Riera (Victor Moreira ’72) Vieira, Pujol (Ayala ’85).

Belanda: Vorm, Janmaat, Willems (Maher ’46), Vlaar, de Vrij, Strootman, Schaars, Sneijder (Dirk Kuyt ’79), Lens, Schaken, van Persie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda