Scroll to Top

Barcelona Adalah Budak Tiki-Taka, Kata Gerard Pique

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

Barcelona Adalah Budak Tiki-Taka, Kata Gerard Pique

Barcelona pernah nyaris menjadi budak gaya bermain ‘tiki-taka’ sebelum kehadiran pelatih Tata Martino. Menurut Gerard Pique, kehadiran sang pelatih asal Argentina telah mengubah karakter permainan El Barca setelah melewati masa bersama Pep Guardiola dan Tito Vilanova.

Berbicara untuk ‘Extra Time’, suplemen tambahan ‘La Gazzetta dello Sport’, Gerard Pique menegaskan, “Kami pernah melalui beberapa tahun ketika pelatih dari akademi sendiri menjadi arsitek tim. Pertama, Pep Guardiola. Kemudian, dilanjutkan Tito Vilanova. Pada masa itu, kami¬† cenderung melebih-lebihkan gaya bermain hingga tiba pada titik, nyaris menjadi budak tiki-taka.”

Namun, keadaan berubah ketika Tata Martino hadir. Eks pelatih Newell’s Old Boys itu menyegarkan lagi skema Barca. Sehingga, klub Catalan tak lagi terpasung oleh tiki-taka semata.

“Kini, Tata datang dari luar Barcelona. Dia memiliki filosofi sepakbola yang sama, mempertahankan penguasaan bola. Tapi, dia juga memiliki opsi lain. Dan, hal ini sangat baik, karena dengan demikian memberi kami alternatif,” papar Pique.

Ayah Milan Pique yang pernah bermain untuk Manchester United dan Real Zaragoza melengkapi kesimpulannya, “Jika mengalami tekanan, kini kami tak lagi sungkan memeragakan bola-bola panjang (umpan lambung). Hal ini dapat mengubah kecepatan pertandingan dan memberikan napas lebih untuk tim.”

“Dalam sepakbola, Anda harus terus berkembang dan meningkat. Kalau tidak, permainan Anda akan mudah ditebak oleh lawan-lawan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda