Scroll to Top

Sakit Gusi Bisa Memicu Penyakit Jantung

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

sakit gigi

Penyakit gusi tidak boleh disepelekan. Pasalnya, sebagian orang-orang yang mempunyai penyakit jantung sebelumnya memiliki masalah periodontal atau gusi menurut sebuah studi. Diduga ada kaitan erat antara penyakit gusi dengan penyakit jantung . Demikian dikutip dari Times of India.

Kebanyakan penyakit yang berhubungan dengan jantung terjadi lantaran terjadi penyempitan pembuluh darah. Penyebabnya banyak penumpukan plak yang menjejali saluran peredaran darah. Plak membuat nutrisi yang seharusnya dipasok untuk jantung menjadi terhambat. Kondisi jantung yang “lapar” tersebut memicu serangan jantung ketika nutrisi sama sekali tidak ada yang masuk ke jantung.

Namun perlu dipahami, penyempitan juga dapat terjadi karena masuknya bakteri penyebab penyakit. Bakteri ini awalnya berada  mulut yang ikut terbawa ke pembuluh darah ketika seseorang mengalami sakit gusi. Jalur peredaran darah dari mulut ke jantung berhubungan secara langsung. Saat penyakit gusi tidak segera diatasi, akan makin banyak bakteri yang masuk. Bakteri mengumpul di dinding pembuluh darah.

Diduga kuat, tubuh akan merespons hadirnya benda asing ini dengan memberikan efek peradangan atau inflamasin. Karena pembuluh darah membengkak dan menimbulkan perlengketan, maka kondisinya makin menyempit. Nutrisi untuk jantung jadi ikut terhambat. Walhasil risiko terjadinya serangan jantung tidak terhindarkan.

Selain masalah jantung, sakit gusi juga bisa menjalar untuk menimbulkan penyakit lain. Di antaranya adalah diabetes, kelahiran dengan berat bada rendah, perut ulkus, infeksi paru-paru, dan disfungsi ereksi. Oleh karena itu, rawatlah gigi dan gusi Anda secara teratur dan kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melihat kondisi terakhir kesehatan rongga mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda