Scroll to Top

Peserta Miss World 2013 Kunjungi Pura Besakih

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

miss world

Pura Besakih yang awalnya cukup sepi dari wisatawan, hari ini (11/9) lebih semarak dengan hadirnya kontestan Miss World 2013. Panitia hari ini mengajak para kontestan untuk menyusuri keindahan pura ini. Pura Besakih adalah tempat suci yang dipakai untuk beribadah umat Hindu yang ada di Kabupaten Karangasem. Di samping nantinya bisa memasuki pura, mereka juga menikmati beragam objek wisata yang ada di kaki Gunung Agung tersebut

Hanya saja para kontestan diwajibkan untuk mematuhi tata krama selama di masuk area pura. Mereka diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat dan kondisi mereka tidak boleh sedang datang bulan. Selain itu, sebelum masuk diwajibkan untuk melakukan sembahyang. Poin ini mungkin menjadi penghalang bagi sebagian peserta.

Etika ini tidak hanya berlaku bagi peserta miss world. Semua orang, termasuk awak media yang meliput, semuanya terikat dengan aturan adat ini.

Sisi baiknya, kehadiran kontestan ini bisa menampilkan kembali Pura Besakih yang belakangan lesu dalam industri pariwisata. Dikutip dari Okezone, kelesuan tersebut salah satunya dipicu oleh kehadiran guide liar yang membuat resah wisatawan. Mereka membawa citra kurang baik bagi Pura Besakih.

“Saya meminta para guide ini agar meningkatkan profesionalitas, agar pariwisata Besakih bisa kembali bangkit,” kata Komang Suparta, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah  Perhimpinan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda