Scroll to Top

iPhone 5C vs iPhone 5: Inilah Perbedaan Spesifikasinya

By Ditya / Published on Wednesday, 11 Sep 2013
iPhone 5 vs iPhone 5C
iPhone 5 vs iPhone 5C

iPhone 5C secara resmi telah diperkenalkan oleh Apple dan kehadirannya akan menggantikan posisi iPhone 5. Sedangkan pasar kelas atas akan digarap oleh iPhone 5S yang merupakan flagship smartphone Apple. Lalu, apa perbedaan spesifikasi iPhone 5C vs iPhone 5? Berikut ini ulasannya.

Dimensi & Kualitas Material

iPhone 5 datang dengan dimensi yang lebih ramping dan dibalut oleh casing berbahan aluminium, sehingga menimbulkan kesan mewah. Sedangkan iPhone 5C dibalut casing plastik dan sedikit lebih tebal dan berat dari iPhone 5.

Spesifikasi Layar

Smartphone iPhone 5C dan iPhone 5 mengusung spesifikasi yang sama, yakni datang dengan layar sentuh berteknologi Retina Display berukuran 4 inci dengan resolusi 1136 x 640 piksel dengan kerapatan layar mencapai 326 piksel per inci, bandingkan dengan Xperia Z1 yang mencapi 440 piksel per inci.

Prosesor & Perangkat Keras

Kedua smartphone ini masih ditenagai oleh dapur pacu yang sama, yakni ditenagai oleh prosesor Apple A6 yang mengusung prosesor dual-core dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan pengolah grafis dari PowerVR SGX 544MP3 triple-core. Kinerja iPhone 5C ini bisa dikatakan setara dengan iPhone 5.

iPhone 5 vs iPhone 5C 2

Kamera & Konektivitas

Sama dengan spesifikasi layar dan dapur pacu, sektor kamera ini juga tak ada perbedaan antara iPhone 5C dengan iPhone 5, yakni kamera belakang resolusi 8 megapiksel dengan kemampuan merekam video HD 1080p dan kamera depan untuk FaceTime dengan resolusi 1,2 megapiksel.

Sektor konektivitas, Apple mempersenjatai iPhone 5C ini dengan WiFi, Bluetooth 4.0, dan dukungan 4G LTE(Long Term Evolution). Hal ini sama dengan yang ditawarkan iPhone 5, bedanya adalah iPhone 5 belum mendukung 4G LTE. Keduanya tak dilengkapi NFC.

Kesimpulan

Secara umu tak ada perbedaan yang signifikan antara spesifikasi iPhone 5C vs iPhone 5 ini. Bagi Anda yang menggunakan iPhone 5 dan ingin menggantinya dengan yang baru, makan iPhone 5S adalah pilihan tepat. Sedangkan iPhone 5C ini cocok bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan iPhone 4S atau ingin menjajal iPhone untuk pertama kalinya.

Harga yang ditawarkan oleh iPhone 5C sendiri tak terpaut jauh dengan iPhone 5. Sektor desain, iPhone 5C harus mengakui kemewahan iPhone 5 yang berbalut casing aluminium. iPhone 5 sendiri tak memiliki dukungan 4G seperti iPhone 5C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda