Scroll to Top

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Merawat Wajah dan Rambut

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

kulit apel

Vitamin C tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dari dalam. Vitamin ini juga sangat baik untuk menjaga kebaikan kulit. Menariknya, banyak bahan alami bervitamin C yang bisa dipakai untuk perawatan kulit. Salah satunya adalah jeruk. Anda bisa memakai kulit jeruk untuk perawatan kulit dari luar, dan memakan daging buahnya untuk perawatan dari dalam tubuh.

Manfaat yang bisa didapat dari memanfaatkan jeruk yang kaya vitamin C cukup banyak. Anda bisa menjaga produksi kolagen yang membuat kulit tampak kenyal dan tidak terlihat menua. Asam sitrat pada jeruk membantu mengurangi keriput dan melembabkan kulit. Jeruk juga merangsang pengelupasan kulit dan mengangkat kulit mati. Selain itu, kandungan vitamin C dan A yang ada di jeruk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet matahari.

Kulit jeruk bisa Anda terapkan untuk dua perawatan sekaligus, yaitu perawatan kulit dan rambut. Cara untuk menerapkannya sebagai berikut:

  1. Bersihkan kulit jeruk dengan garam untuk membunuh kuman yang menempel.
  2. Blender kulit jeruk hingga menjadi pasta dan tuang ke wadah.
  3. Campurkan pasta dengan satu sendok makan yoghurt, beberapa tetes air jeruk lemon, dan satu sendok teh madu. Aduk sampai rata.
  4. Untuk menerapkannya, cuci dahulu wajah memakai air hangat. Oleskan pasta ke kulit wajah dan leher. Biarkan masker ini selama satu jam dan kering. Setelah itu, bilas memakai air dingin untuk membersihkannya.

Menerapkan kulit jeruk pada rambut berguna untuk mengusir ketombe dan rambut berminyak. Caranya seperti berikut:

  1. Haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubur.
  2. Gosokkan bubur kulit jeruk pada kulit kepala Anda. Biarkan 15-20 menit lalu bilas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda